Penulis Utama : Katrina Larasati Utami
NIM / NIP : B0215033
×

Fenomena ketidaksantunan yang hadir dalam reality show 86 pada saat polisi melakukan interogasi kepada orang yang diduga melakukan penyimpangan. Tuturan tidak santun memiliki strategi yang diterapkan oleh penutur yakni strategi ketidaksantunan. Tuturan yang disampaikan selain mengandung strategi terdapat pula fungsi ketidaksantunan.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (i) bagaimanakah strategi   ketidaksantunan   dalam   reality   show   86   di   NET   TV?,   dan   (ii) bagaimanakah fungsi ketidaksantunan dalam reality show 86 di NET TV?
Tujuan dari penelitian ini mencakup dua hal, yakni: (i) mendeskripsikan strategi ketidaksantunan dalam reality show 86 di NET TV, dan (ii) mendeskripsikan fungsi ketidaksantunan dalam reality show 86 di NET TV.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  deskriptif.  Data  dalam penelitian  ini  berupa  dialog  yang  mengandung  strategi  dan  fungsi ketidaksantunan. Sumber data yang digunakan adalah reality show 86. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan  teknik  unduh  dan  teknik  catat.  Metode  analisis  data  yang  digunakan adalah metode analisis kontekstual, cara tujuan (means-end), dan heuristik.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini meliputi dua hal yakni: (i) strategi ketidaksantunan  yang ditemukan dalam  reality show 86  yaitu  strategi ketidaksantunan secara langsung, strategi ketidaksantunan positif, strategi ketidaksantunan negatif, dan strategi sarkasme atau kesantunan semu. Strategi ketidaksantunan positif meliputi lima substrategi yakni mengabaikan orang lain, tidak  peduli,  tidak  simpati,  tidak  tertarik,  dan  membantah.  Strategi ketidaksantunan negatif meliputi tujuh substrategi yakni menakut-nakuti, mencemooh/mengejek, meremehkan, meragukan, menuduh, mengancam, memaksa; dan (ii) fungsi ketidaksantunan yang ditemukan dalam reality show 86 yaitu ketidaksantunan yang berfungsi afektif, ketidaksantunan yang berfungsi memaksa, ketidaksantunan yang berfungsi menghibur.


Kata kunci: ketidaksantunan, strategi, fungsi

×
Penulis Utama : Katrina Larasati Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215033
Tahun : 2019
Judul : Strategi dan Fungsi Ketidaksantunan dalam Reality Show 86 di Net TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-B0215033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.