Penulis Utama : Rafli Arga Prasetya
NIM / NIP : K7116148
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V D SD Negeri 01 Papahan Karanganyar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes, dengan analisis data yang berupa validitas isi dan triangulasi.
Ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 42%, dan penelitian dilanjutkan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V D SD Negeri 01 Papahan Karanganyar pada tahun ajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini diharapkan dapat membuat guru lebih terampil dalam menerapkan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Kata kunci : keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran IPS, model pembelajaran Discovery Learning, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Rafli Arga Prasetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116148
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V D SD Negeri 01 Papahan Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Jur. PGSD- K7116148-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.