Penulis Utama : Rahmat Aditya Nugraha
NIM / NIP : K2515057
×

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh hasil pebandingan tingkat konsumsi bahan bakar sepeda motor supra fit sebelum (standar) dan sesudah menggunakan vapor carburetor dengan metode bubbling; (2) untuk mempelajari perbedaan pada penggunaan variasi bahan bakar pada vapor carburetor terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor supra fit; (3) untuk memperoleh hasil jenis bahan bakar apa yang paling efisien pada penggunaan vapor carburetor.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah mesin sepeda motor supra fit. Data diperoleh dari uji konsumsi bahan bakar pada kondisi putaran mesin 1500 rpm, 3500 rpm dan 5500 rpm dengan variasi bahan bakar RON 90, RON 92 dan RON 98. Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan cara menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan bahan bakar sebanyak 50 ml.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan vapor carburetor dengan metode bubbling mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor supra fit. Terjadi penurunan konsumsi bahan bakar pada penggunaan vapor carburetor dengam metode bubbling dari penggunaan karburator konvensional. (2) terdapat perbedaan konsumsi bahan bakar pada setiap jenis bahan bakar pada penggunaan vapor carburetor. RON 90 mengalami penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 28,26%, RON 92 mengalami penurunan sebesar 29,68%, dan pada RON 98 mengalami penurunan sebesar 24,6%. (3) jenis bahan bakar yang paling efektif dalam penggunaan vapor carburetor yaitu jenis bahan bakar RON 92 dengan penurunan konsumsi bahan bakar dari penggunaan karburator konvensional sebesar 29,68%.

Kata  kunci: Vapor Carburetor, Metode Bubbling, Konsumsi Bahan Bakar

×
Penulis Utama : Rahmat Aditya Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515057
Tahun : 2019
Judul : Studi Eksperimental Vapor Carburetor Menggunakan Metode Bubbling dan Splash terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Supra Fit
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2515057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Basori, .S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.