Penulis Utama : Windah Yuniar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515072
Tahun : 2019
Judul : Tingkat Keterbacaan (Readability) Materi Tentang Energi Terbarukan dari Sumber Panas Bumi pada Buku Teks Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia (Studi Kasus Di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2515072-2019
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran : (1) tingkat keterbacaan materi tentang energi terbarukan dari sumber panas bumi dalam buku teks pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan Gunning Fog Index; (2) tingkat keterbacaan materi tentang energi terbarukan dari sumber panas bumi dalam buku teks pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan repon pembaca.
Penelitian ini dilakukan di 19 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah : (1) buku teks; (2) hasil kuesioner. Tingkat keterbacaan diukur menggunakan Gunning fog index dan respon pembaca.
Hasil dari penelitian didapat  : (1) Tingkat keterbacaan buku teks pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) materi tentang energi terbarukan dari sumber panas bumi dengan perhitungan menggunakan Gunning Fog Index dinyatakan rendah dengan skor 20 untuk teks 1, skor 18 untuk teks 2, dan skor 21 untuk teks 3; (2) Respon pembaca dari bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa menunjukkan bahwa pembaca dapat memahami isi teks dengan mudah, yang dinyatakan oleh lebih dari 50 % responden untuk teks 2 dan teks 3. Sedangkan untuk teks 1 lebih dari 50 % pembaca  menyatakan mudah memahami teks dengan beberapa kesulitan.

Kata kunci: Keterbacaan, Buku  teks, Energi Panas Bumi, Energi terbarukan, Sekolah Menengah Kejuruan

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng
2. Drs. Ranto,M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP