Penulis Utama : Rita Kusuma Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Citra wanita dalam novel Kerudung Merah Kirmizi karya Remy Sylado (sebuah pendekatan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299039-2004
Subyek : FIKSI-SASTRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merumuskan beberapa masalah, yaitu: (1) Bagaimana gambaran struktur novel Kerudung Merah Kirmizi, (2) Bagaimana gambaran peran-peran wanita yang meliputi peran wanita dalam keluarga (sektor domestik) dan peran wanita dalam masyarakat (sektor publik), (3) Bagaimana perwujudan citra wanita yang ditampilkan dalam novel Kerudung Merah Kirmizi.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan unsur-unsur formal struktur novel Kerudung Merah Kirmizi, (2) Mendeskripsikan peran-peran wanita yaitu peran wanita dalam keluarga (sektor domestik) dan peran wanita dalam masyarakat (sektor publik), (3) Mengungkapkan citra wanita yang ditampilkan dalam Kerudung Merah Kirmizi.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

xii

1. Novel Kerudung Merah Kirmizi mempunyai alur lurus/progresif karena peristiwa-peristiwa yang dikisahkan bersifat kronologis. Tokoh-tokoh dalam novel terdiri dari tokoh yang terlibat intensif dalam setiap peristiwa dan tokoh yang hanya muncul dalam satu peristiwa. Latar digambarkan secara jelas, mulai latar fisik, sosial, dan waktu. Tema dan amanat yang mampu menjelaskan maksud dan tujuan pengarang.

xiii

2. Peran-peran wanita yang meliputi peran wanita dalam keluarga (sektor domestik) merupakan peran pokok wanita dalam keluarga yang tidak boleh diabaikan wanita sesibuk apapun, dan peran wanita dalam masyarakat (sektor publik) yang menunjukkan keeksistensian/keberadaan peran wanita di masyarakat.

3. Perwujudan citra wanita yang ditampilkan dalam novel Kerudung Merah Kirmizi yang meliputi citra wanita sebagai orang tua tunggal yang masih merupakan beban berat oleh sebagian wanita sebagai single parent. Citra wanita sebagai seorang janda yang harus bekerja atau mencari nafkah guna mencukupi kebutuhan keluarga, mengharuskan mereka menjadi ibu sekaligus ayah karena menjadi tulang punggung keluarga. Citra wanita sebagai seorang yang aktif dalam bidang seni/sastra bahwasannya banyak wanita kini yang tertarik pada dunia seni bahkan terjun langsung dalam bidang seni yang kebanyakan digeluti oleh laki-laki. Citra wanita sebagai seorang yang melakukan tindakan kriminal yaitu aborsi. Citra wanita ini merupakan suatu gambaran buram mengenai wanita di masyarakat yang sangat memprihatinkan sehingga perlu mendapat perhatian yang khusus.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Soediro Satoto
2. Drs. Wiranta, M.S
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa