Penulis Utama : Pratiwi Nur Laily
NIM / NIP : K7515037
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa program keahlian administrasi perkantoran SMK Sukawati Gemolong, 2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha siswa program keahlian administrasi perkantoran SMK Sukawati Gemolong, dan 3) pengaruh efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa program keahlian administrasi perkantoran SMK Sukawati Gemolong.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII Administrasi Perkantoran SMK Sukawati Gemolong sebanyak 79 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa yang diperoleh melalui teknik stratified proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan melalui analisis regresi linier berganda, uji t parsial, dan uji F.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan 1) efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa program keahlian administrasi perkantoran SMK Sukawati Gemolong dengan thitung sebesar 8,079 (? = 5%), 2) status sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha siswa program keahlian administrasi perkantoran SMK Sukawati Gemolong dengan thitung sebesar 3,029 (? = 5%), dan 3) efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa program keahlian administrasi perkantoran SMK Sukawati Gemolong dengan fhitung sebesar 45,412 (? = 5%). Variabel efikasi diri memberikan sumbangan relatif sebesar 82,78% dan sumbangan efektif sebesar 48,84%. Variabel status sosial ekonomi orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 17,36% dan sumbangan efektif sebesar 10,24%.

Kata kunci: Kepercayaan Diri, Kelas Sosial, Hasrat Berwirausaha

×
Penulis Utama : Pratiwi Nur Laily
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7515037
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Efikasi Diri Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Sukawati Gemolong Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Studi Pendidikan Adm. Perkantoran-K7515037-201919
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wiedy Murtini, M. Pd
2. Drs. Patni Ninghardjanti, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.