Penulis Utama : Nugroho Candra Adi Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis novel deviasi karya Mira Wijaya (sebuah tinjauan psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0295034-2003
Subyek : FIKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul Analisis Novel Deviasi , karya Mira Wijaya (Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra). Penelitian ini bertujuan untuk  menemukan  jawaban      1) mengenai struktur dan  hubungan  antar  unsur  pembangun  novel, menemukan  2) konflik-konflik psikologis yang dialami tokoh-tokoh Deviasi  serta menemukan  3) faktor-faktor pendorong terjadinya konflik-konflik psikologis tersebut dalam pandangan psikologi dalam (diefthpsycology).

Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, menjabarkan apa yang menjadi masalah, menganalisis dan menafsirkan data yang ada. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra dengan harapan dapat menjelajah ke kedalaman batin manusia atau kejiwaan untuk dapat mengetahui seluk-beluk manusia. Selain itu, dalam pandangan psikologi, karya sastra merupakan reduksi atas ketegangan-ketegangan psikis dengan segala aspek kehidupannya. Hal ini berarti bahwa karya sastra adalah bentuk sublimasi dari ketegangan, dorongan, hasrat dan berbagai keinginan dasar manusia. Pendekatan psikologi menekankan analisis terhadap segi intrinsik maupun segi ekstrinsik, maka sebelum analisis psikologi didahului dengan analisis struktural untuk membongkar dan memaparkan secermat dan seteliti mungkin keterjalinan dan keterkaitan semua anasir dan aspek karya sastra.

Sumber data penelitian ini adalah novel karya Mira Wijaya yang berjudul Deviasi, sedangkan datanya adalah fakta-fakta dalam teks yaitu fenomena kejiwaan tokoh cerita secara keseluruhan.

Analisis berawal dari analisis struktural yang hasilnya dijadikan instrumen untuk menjaring data dasar/mengumpulkan data. Selanjutnya adalah analisis data-data tersebut dengan bantuan ilmu psikologi sebagai ilmu bantu.

Penelitian ini memperoleh simpulan 1) pola struktur dan hubungan antar subsistem dalam Deviasi menunjukkan keterjalinan yang saling menegaskan kehadiran dan fungsi antar subsistem untuk membentuk sebuah sistem yang utuh, menyatu padu sebagai an artistic whole. 2) Konflik-konflik psikologis tokoh-tokoh dalam Deviasi, yang  paling  utama  adalah  deviasi seksual dan kepribadian ganda, 3) Faktor-faktor yang mendorong terjadinya konflik-konflik tersebut, yaitu : Deviasi seksual terjadi karena dorongan Das Es lebih besar dari pada Das Ueber Ich, tanpa adanya keseimbangan dan kontrol dari Das Ich, sehingga dorongan-dorongan Das Es dilampiaskan secara membabi buta. Kepribadian ganda terjadi karena rasa takut yang berlebihan yang sudah tertanam sejak kecil hingga dewasa. Oleh karena itu untuk menghindari hukuman dan perasaan bersalah, maka dicarilah objek lain/pihak lain untuk disalahkan dan pihak lain tersebut adalah sosok semu dari kepribadiannya yang lain.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiranta, M.S
2. Drs. A. Prasojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa