Penulis Utama : Fitria Febriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7715020
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model self-directed learning dengan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemandirian belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7715020-2019
Subyek : MIND MAPPING, KEMANDIRIAN BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
     Salah satu tujuan pendidikan adalah terbentuknya sikap mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai peningkatan kemandirian belajar akuntansi siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 1 Karanganyar melalui penerapan model self-directed learning dengan strategi mind mapping pada mata pelajaran akuntansi dasar.
     Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2019 dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Pengumpulan data kemandirian belajar dilaksanakan dengan kuesioner, lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas isi dan trianggulasi. Penelitian akan berhasil apabila mencapai indikator kinerja penelitian sebesar 80%. Proses pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi.
     Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model self-directed learning dengan strategi mind mapping pada mata pelajaran akuntansi dasar dapat meningkatkan kemandirian akuntansi siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 1 Karanganyar. Rata-rata persentase kuesioner pada tahap pratindakan sebesar 51,13% meningkat pada siklus I menjadi 63,48?n kembali meningkat pada siklus II sebesar 84,05%, begitu juga dengan rata-rata persentase observasi pada tahap siklus I sebesar 65,2% meningkat pada siklus II menjadi 83,91% membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian belajar akuntansi siswa.  
Kata Kunci: self-directed learning, mind mapping, kemandirian belajar akuntansi siswa.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. E. Muhtar, M.Si.
2. Dini octoria, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP