Penulis Utama : Arifin Nur Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212011
Tahun : 2016
Judul : Kajian pembelajaran seni rupa berbasis tematik di kelas VI sekolah alam bengawan solo kecamatan juwiring kabupaten Klaten Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak.KIP- Prodi Pendidikan Seni Rupa- K8410004- 2016
Subyek : PEMBELAJARAN, SENI RUPA, TEMATIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran seni rupa berbasis tematik yang meliputi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi di kelas VI Sekolah Alam Bengawan Solo; (2) faktor yang mempengaruhi pembelajaran; dan (3) hasil karya siswa.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam waktu dua bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Sekolah Alam Bengawan Solo yang berjumlah 18 siswa dan 1 fasilitator. Sumber data diperoleh dari informan, yaitu siswa kelas VI, fasilitator, Kepala Sekolah, dan pendiri Sekolah Alam Bengawan Solo. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, pengamatan terlibat dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan trianggulasi data dan review informan. Analisis data digunakan jalinan atau mengalir meliputi: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses Pembelajaran Seni Rupa Tematik di Kelas VI Sekolah Alam Bengawan Solo tahun 2016: Tujuan pembelajaran menanamkan jiwa percaya diri, kerjasama dan mengasah kreatifitas peserta didik dalam mengekspresikan diri melalui berkarya seni rupa. Materi pembelajaran berkonsep tematik, disesuaikan dengan tema yang berlangsung. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi. Penggunaan media belajar adalah media visual berupa contoh karya, dan audio-visual berupa laptop. Evaluasi pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Evaluasi dilakukan secara langsung saat proses pembelajaran berlangsung. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran seni rupa tematik kelas VI Sekolah Alam Bengawan Solo tahun 2016 adalah faktor pendukung: (a) fasilitator cekatan, dan menguasai materi ajar, (b) peserta didik antusias mengikuti pembelajaran, (c) materi ajar sederhana dan mudah dipraktekkan peserta didik, dan (d) lingkungan kelas nyaman. Faktor penghambat: (a) fasilitator kurang memanfaatkan media belajar,
(b) peserta didik kurang pengalaman berkesenirupaan. 3) Hasil karya pembelajaran seni rupa tematik siswa kelas VI Sekolah Alam Bengawan Solo tahun 2016 berupa pohon cita-cita, patung profesi, dan batik ikat celup.

Kata Kunci : pembelajaran, seni rupa, tematik

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar pustaka.pdf
Lembar pernyataan persetujuan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd
2. Dra My. Ning Yuliastuti, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP