Penulis Utama : Sekar Ayu Kinanti Tistia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013214
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara Usia Awal Pemberian Makanan Pendamping ASI dengan Kejadian Diare pada Bayi 0-12 Bulan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0013214-2016
Subyek : USIA AWAL PEMBERIAN MP-ASI, BAYI 0-12 BULAN, KEJADIAN DIARE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pendahuluan: Penyakit diare masih menjadi penyebab utama kesakitan dan kematian pada bayi dan anak-anak hingga saat ini. Pemberian makanan pendamping ASI yang tidak sesuai awitan usia bayi dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebab terjadinya diare. Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan tambahan selain ASI dan diberikan pada bayi setelah 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia awal pemberian makanan pendamping ASI dengan kejadian diare pada bayi usia 0-12 bulan.
Metode: Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan case control retrospektif. Penelitian dilakukan pada bulan September hingga Oktober di beberapa Posyandu Balita Puskesmas Sangkrah. Subjek penelitian adalah bayi usia kurang atau sama dengan 1 tahun (0-12 bulan) yang memenuhi kriteria inklusi dan dipilih dengan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara pada ibu-ibu yang memiliki anak usia 0-12 bulan dan tercatat di Posyandu Balita Puskesmas Sangkrah menggunakan kuisioner. Variabel terikat adalah kejadian diare pada bayi 0-12 bulan dan variabel bebasnya adalah usia pemberian MP-ASI. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan 80 sampel yang terdiri dari bayi yang terkena diare dengan awitan usia pemberian MP-ASI tidak tepat (<6>Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif antara usia awal pemberian MP-ASI dengan kejadian diare pada bayi 0-12 Bulan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
bab IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Evi Rokhayati, dr., Sp.A, M.Kes
2. Dyah Ratna Budiani, Dra., M.Si
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran