Penulis Utama : Rizki Hafidz Muntaz
NIM / NIP : H0415052
×

RINGKASAN 

 Rizki Hafidz Muntaz. H0415052. Evaluasi Program Kawasan Perdesaan Beras Organik di Lereng Gunung Lawu Kecamatan Mojogedang.. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Sapja Anantanyu, M.Si. dan Arip Wijianto,S.P., M.Si. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta 

Pembangunan pertanian tak lepas dari kebijakan pemerintah. Pemerintah Kabupaten Karanganyar membuat program pembangunan pertanian yaitu Program Kawasan Perdesaaan Beras Organik di Lereng Gunung Lawu. Program ini merupakan impelementasi dari tujuan daerah untuk mewujudkan pembanguna desa sebagai pusat pertumbuhan. Program kawasan ini telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati No. 050/727 Tahun 2016 Tanggal 12 Oktober 2016, dengan adanya penetapan ini maka diperlukan adanya evaluasi agar didapatkan berbagai saran untuk kebaikab keberjalanan program. Penelitian ini bertujuan untuk mengeevaluasi penyelenggaraan program dari segi CIPP (Context, Input, Process & Product). 

Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process and product). Pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Informan terdiri dari dinas pertanian, perangkat desa, kelompok tani dan petani pelaksana program. Analisis data penelitian menggunakan beberapa tahap, yaitu dengan pengisian kuisioner untuk mendapatkan skor pada tiap-tiap variabel, lalu dilakukan wawancara, verifikasi data lalu penarikan kesimpulan. 

 Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Evaluasi program dari aspek konteks dinilai sangat efektif dengan nilai presentase di lokasi I desa Gentungan 94%, lokasi II Desa pendem 94% dan lokasi III Desa Pereng 88,8%. 2) Evaluasi program dari aspek dinilai efektif dengan nilai presentase di lokasi I desa Gentungan 72,5%, lokasi II Desa pendem 70,5% dan lokasi III Desa Pereng 66,7%. 3) Evaluasi program dari aspek proses dinilai efektif dengan nilai presentase di lokasi I desa Gentungan 86,7%, lokasi II Desa pendem 86,7% dan lokasi III Desa Pereng 86,7%. 3) Evaluasi program dari aspek produk dinilai sangat efektif dengan nilai presentase di lokasi I desa Gentungan 92%, lokasi II Desa pendem 92% dan lokasi III Desa Pereng 88%. 

×
Penulis Utama : Rizki Hafidz Muntaz
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415052
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Program Kawasan Perdesaan Beras Organik di Lereng Gunung Lawu Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian -H.0415052-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapja Anantanyu, M.Si. dan Arip Wijianto,S.P., M.Si.
2. Arip Wijianto,S.P., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.