Penulis Utama : Perdana Cahyo Yudhanto
NIM / NIP : E0016330
×

ABSTRAK

Perdana Cahyo Yudhanto, E0016330,PEMBENTUKAN DAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA UNTUK MENGOPTIMALKAN BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA NGROMBO KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO. Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Isu hukum dalam penulisan ini adalah analisis mengenai pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa terkait optimalisasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Selain itu juga untuk mengetahui faktor penghambat dari pelaksanaan pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa terkait optimalisasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah metode penelitian hukum empiris atau sosiologis (socio-legal research) yang menggunakan bahan hukum terdiri dari data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa studi kepustakaan. Data diolah dengan Teknik analisis data kualitatif menggunakan metode analisis interaktif.
Pembahasan penulisan hukum ini menyatakan bahwa pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo telah berjalan dengan efektif dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Ngrombo sudah sesuai dengan mekanisme pembentukan dan pengelolaan yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa serta Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Pedoman Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Hambatan dalam Pelaksanaan Peraturan Daerah ini yaitu terbatasnya faktor Sumber Daya Manusia baik secara kuantitas maupun kualitas, permodalan dan dana yang dikelola terbilang kurang karena masih bertumpu pada Pemerintah Desa dan bantuan – bantuan dari pihak lain, dan jenis usaha dengan sasaran yang hanya berdasarkan kebutuhan masyarakat.

 

×
Penulis Utama : Perdana Cahyo Yudhanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016330
Tahun : 2020
Judul : Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa untuk Mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa di Desa Ngrombo Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016330-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Jadmiko Anom Husodo S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.