Penulis Utama : Ellitdha Margawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416022
Tahun : 2020
Judul : MOTIVASI PETANI DALAM BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Sturt L.) DI KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0416022 -2020
Subyek : MOTIVASI PETANI DALAM BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA STURT L.)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN
Ellitdha Margawati. H0416022. Motivasi Petani dalam Budidaya
Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt L.) di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si dan Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
Komoditas jagung manis merupakan salah satu komoditas disektor pertanian yang memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian. Salah satu daerah sentra yang membudidayakan tanaman jagung manis adalah Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Permintaan dan peluang pasar jagung manis yang besar belum dapat dimanfaatkan petani karena terkendala oleh sistem budidaya yang belum maksimal. Pengembangan budidaya jagung manis oleh petani tidak terlepas dari motivasi petani dalam budidaya jagung manis itu sendiri. Motivasi petani dapat mempengaruhi keberlanjutan budidaya jagung manis, untuk itu perlu dikaji bagaimana sebenarnya motivasi petani dalam membudidayakan jagung manis terurtama di daerah-daerah yang berpotensi menghasilkan produksi yang tinggi salah satunya di Kecamatan Colomadu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pembentuk motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis, mengkaji tingkat motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis, dan mengkaji hubungan antara faktor pembentuk motivasi dengan tingkat motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan responden di ambil sebanyak 60 petani. Analisis data menggunakan uji korelasi ranks pearman ( ) dengan program SPSS Statistics 17.0.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor pembentuk motivasi yaitu umur, pendidikan non formal, pengalaman, luas lahan, jumlah anggota rumah tangga, pendapatan, lingkungan sosial dan lingkungan ekonomi (2) Kebutuhan eksistensi mendominasi tingkat motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar yaitu berada pada kategori sangat tinggi. (3) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara faktor luas lahan, pendapatan, dan lingkungan sosial dengan motivasi petani dalam budidaya jagung manis. Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pendidikan non formal dan jumlah anggota rumah tangga dengan motivasi petani dalam budidaya jagung manis, sedangkan faktor umur, pengalaman, dan lingkungan ekonomi tidak berhubungan signifikan dengan motivasi petani dalam budidaya tanaman jagung manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BEBAS PERPUSTAKAAN-H0416022-Skripsi-Ellitdha Margawati2.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si
2. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian