Penulis Utama : Yudianto Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh aras suplementasi probiotik dan substitusi bekatul padi dengan wheat pollard terhadap persentase bagian karkas dan lemak abdominal ayam broiler
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0500078-2005
Subyek : PENGOLAHAN MAKANAN TERNAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aras probiotik dan substitusi bekatul padi dengan wheat pollard serta interaksi antara keduanya terhadap persentase potongan karkas dan lemak abdominal ayam broiler. Penelitian dilaksanakan di kandang Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar pada tanggal 19 Mei sampai 26 Juni 2004 dengan menggunakan 180 ekor ayam broiler jantan strain New Lohman MB 202 Platinum. Pada umur 4 hari ayam dipilih secara acak kemudian dimasukkan dalam 36 petak kandang litter. Ayam dipelihara selama 42 hari dengan mendapat 3 aras suplementasi probiotik (0, 102,5, 105)koloni/kg pakan, probiotik yang digunakan adalah probiotik pengahasil enzim fitase yaitu Escherechia coli dan Klebsiella pneumonia dan 4 aras subtitusi bekatul padi dengan wheat pollard (0%, 10%, 20%, 30%) dari total ransum. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah bobot potong, persentase bagian karkas (dada, paha, sayap, punggung),  persentase lemak abdominal dan persentase lemak daging. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Pola Faktorial 4x3, dan jika terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT).

Tidak terdapat pengaruh yang nyata (P>0,05)  pada aras suplementasi probiotik terhadap bobot potong, persentase bagian  karkas, lemak abdominal, dan lemak daging.  Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa aras substitusi bekatul padi dengan wheat pollard nyata meningkatkan (P<0,05) bobot potong, namun tidak nyata meningkatkan (P>0,05) persentase bagian karkas, lemak abdominal dan lemak daging. Interaksi antara aras probiotik dan level wheat pollard tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap bobot potong, persentase bagian karkas, lemak abdominal, dan lemak daging. kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa aras substitusi bekatul padi dengan wheat pollard pada aras 30 % dari total ransum nyata meningkatkan (P<0,05) bobot potong namun tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap persentase bagian karkas, lemak abdominal dan lemak daging.  Pada aras suplementasi probiotik sampai  105 koloni/kg pakan dan Interaksi antara aras suplementasi probiotik dan aras substitusi bekatul padi dengan wheat pollard memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) pada bobot potong, persentase bagian karkas, lemak abdominal, dan lemak daging.

 

(Kata kunci : broiler, probiotik, wheat pollard, persentase bagian  karkas, lemak abdominal).   

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Ginda Sihombing
2. Ir Lutojo, MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian