Penulis Utama : Handariningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Determinan keuangan para pedagang di dalam mengambil kredit dari BKK di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1100022-2004
Subyek : KREDIT CANDAK KULAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam rangka mewujudkan aspek pemerataan hasil-hasil pembangunan, sektor usaha kecil menduduki peran yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional, karena usaha kecil dapat menjangkau ke seluruh pelosok tanah air, sehingga pengembangannya akan memudahkan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan, yaitu dengan memberdayakan pengusaha kecil dan menengah terutama di daerah pedesaan.

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan keuntungan pedagang yang menjual kebutuhan pokok dengan pedagang yang menjual bahan kebutuhan lainnya dan bagaimanakah pengaruh variabel modal kerja, kredit, pengalaman kerja, dan jenis barang dagangan terhadap keuntungan para pedagang di Kabupaten Sukoharjo.

Berdasarkan permasalahan tersebut di tas, diajukan hipotesis yaitu : pertama, diduga bahwa terdapat perbedaan keuntungan pedagang antara pedagang yang menjual bahan kebutuhan pokok dengan bahan kebutuhan lainnya. Dimana keuntungan yang diperoleh penjulan bahan lain-lain lebih besar daripada penjual bahan kebutuhan pokok. Kedua, diduga bahwa modal kerja, besarnya kredit, pengalaman kerja dan jenis barang dagangan berpengaruh positif terhadap besarnya keuntungan para pedagang.

Metode analisis menggunakan analisis beda dua mean (rata-rata) dan regresi linier berganda dilanjutkan dengan uji statistik yaitu uji (uji parsial), uji F (analisis varian) serta uji asumsi klasik. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengalaman kerja, modal kerja, kredit BKK, jenis barang dagangan berpengaruh terhadap keuntungan pedagang Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa keempat variabel berpengaruh terhadap keuntungan pedagang Kabupaten Sukoharjo.

Berdasarkan hasil analisis data maka disarankan kepada departemen perindustrian dan usaha kecil menengah (UKM) melakukan serangkaian kegiatan penyuluhan, bimbingan usaha, pendampingan baik dalam proses produksi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia kepada para pedagang sehigga dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk mengembangkan usahanya

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis