Penulis Utama : Rista Andini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116168
Tahun : 2020
Judul : Analisis Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Model Cooperative Learning Kelas V SDN Pajang IV Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2020
Kolasi : 71 p.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar-2020
Subyek : KETERAMPILAN SOSIAL ; PEMBELAJARAN TEMATIK ; COOPERATIVE LEARNING ; PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik berbasis model cooperative learning kelas V SDN Pajang IV Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. Keterampilan sosial merupakan keterampilan dasar yang terbentuk dari adanya kecerdasan sosial untuk digunakan sebagai dasar dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada lingkungan masyarakat. Keterampilan sosial yang belum berkembang dapat dikembangkan melalui model pembelajaran cooperative learning di kelas. 
Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan 34 peserta didik kelas V SDN Pajang IV Surakarta. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, penilaian angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis dari Miles & Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber serta validitas isi dilakukan oleh expert judgment.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial peserta didik di kelas V SDN Pajang IV berkategori “baik” dengan persentase hasil penilaian observai dan angket sebesar 76,67%. Pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru kelas V sudah memenuhi syarat student centered dan saintifik. Model cooperative learning dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas sudah menerapkan sintaks model tersebut. Peranan guru dalam pembelajaran  menggunakan model cooperative learning sudah aktif. 

Kata Kunci : keterampilan sosial, model cooperative learning, sekolah dasar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
JURNAL.pdf
persetujuan upload.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP