Penulis Utama : Putu Ayu Cening Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis reaksi pasar terhadap pengumuman right issue : pengujian efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara informasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302112-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Right issue adalah kegiatan penawaran umum terbatas kepada pemegang saham lama dalam rangka penerbitan hak memesan terlebih dahulu. Tujuan perusahaan melakukan right issue adalah untuk menambah modal perusahaan, perluasan investasi atau untuk pembayaran piutang.

Penelitian ini adalah event study yang ingin mengetahui reaksi pasar di seputar tanggal pengumuman right issue yang bertujuan untuk mendapatkan bukti tentang adanya pengaruh pengumuman right issue terhadap reaksi pasar yang dilakukan oleh perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada periode 1998-2001. penelitian ini juga ingin menguji tentang efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara informasi.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kandungan informasi pengumuman right issue yaitu hipotesis alternatif maka penelitian ini berhasil membuktikan bahwa hipotesis alternatif tersebut dapat diterima. Investor bereaksi negatif signifikan terhadap pengumuman right issue. Hasil penelitian ini konsisten dengan model signaling theory yang mengasumsikan adanya informasi asimetri diantara berbagai partisipan di pasar modal. Model tersebut menyatakan bahwa pasar akan bereaksi secara negatif karena adanya pengumuman penambahan saham baru yang mengindikasikan adanya informasi yang tidak menguntungkan (bad news) tentang kondisi laba di masa yang akan datang. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mendukung hasil penelitian sebelumnya bahwa terdapat kandungan informasi dalam pengumuman right issue.

Berdasarkan hasil pengujian kecepatan reaksi pasar, investor ternyata belum mampu bereaksi dengan cepat dalam menanggapi pengumuman right issue. Terdapat investor yang mendapatkan abnormal return dalam waktu yang lama dan berkepanjangan. Pasar memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyerap abnormal return dan mencapai harga keseimbangan baru. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara umum pasar modal Indonesia selama krisis moneter belum efisien bentuk setengah kuat secara informasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis