Penulis Utama : Suranto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi wajib pajak orang pribadi dalam memilih metode penghitungan perseorangan bidang perdagangan di wilayah eks karisidenan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302065-2004
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengambil judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memilih Metode Penghitungan Penghasilan  Neto ( Survei Terhadap Pengusaha Perseorangan Bidang Perdagangan Di Wilayah Eks Karsidenan Surakarta)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai peredaran brutu kurang dari Rp 600.000.000,00 setahun dalam memilih metode untuk menentukan besarnya penghasilan neto usaha, khususnya para pedagang di Wilayah Eks Karsidenan Surakarta. Penelitian ini menggunakan Uji Chi Square dan Logistic Regression atau Binary Regression.  Uji Chi Square untuk mengetahui hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Logistic Regression atau Binary Regression digunakan untuk mengaji apakah variabel independen  yang mempunyai hubungan dengan variabel dependen akan mempengaruhi variabel dependen.

            Setelah tes validitas dan reliabilitas selesai prosese, maka dilakukan analisis lebih lanjut dengan Uji Chi Square dan Logistic Regression. Dengan Uji Chi Square diharapkan dapat diketahui masing-masing variabel mempunyai hubungan dependensi secara signifikan terhadap pemilihan metode penghitingan penghasilan neto perdagang. Untuk Uji Logistic Regression diharapkan dapat diperoleh suatu bukti adanya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen.

            Hasil Uji Chi Square menunjukkan bahwa secara parsial ada tiga variabel independen, yaitu tariff, Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) dan perilaku yang mempunyai hubungan dengan keputusan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam memilih metode perghitungan penghasilan neto. Variabel independen tariff pajak memiliki nilai signifikan 0,004, Surat Penberitahuan Pajak (SPT) mempunyai hubungan paling kuat terbuktui dengan nilai signifikasi 0,000.

Uji Logistic Regression menujukkan hasil bahwa ketiga variabel independen yang mempunyai hubungan dengan variabel dependen berpengaruh positif terhadap keputusan Wajib Pajak Orang Peribadi dalam memilih metode penghitungan penghasilan neto. Hal ini karena nilai signifikansi konstanta dari setiap variabel independen pada Uji t lebih kecil dari 0.05. terbukti bahwa tariff pajak, Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) dan perilaku berpengaruh positif terhadap keputusan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam memilih metode penghitungan penghasilan neto karena signifikansi konstanta masing-masing variabel secara berurutan 0,0018; 0,000 dan 0,0487 adalah lebih kecil dari 0,05. diantara ketiga variabel tersebut, Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) mempunyai pengaruh paling kuat terhadap pemilihan metode penghitungan penghasilan neto oleh para pedagang. Hal ini memperkuat penemuan sebelumnya yang menyatakan bahwa Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) mempunyai hubungan paling kuat dengan pemilihan metode penghitungan penghasilan neto oleh pengusaha kecil. Penelitian ini menghasilkan temuan lain  yaitu secara silmultan kesepuluh variabel independen mempunyai hubungan yang sangat erat dengan variabel dependen dengan nilai signifikansi 0,000.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis