Penulis Utama : Sri Handono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100063-2004
Subyek : INDUSTRI KECIL-ASPEK TENAGA KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jumlah unit usaha, nilai investasi, dan nilai bahan baku berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan analisis data sekunder. Data yang digunakan adalah data cross section dari perkembangan industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo tahun 2003. Alat analisis yang digunakan adalah regresi double log, dimana penyerapan tenaga kerja sebagai variabel dependen dan jumlah unit usaha, nilai investasi, dan nilai bahan baku sebagai variabel independen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a) Diduga faktor jumlah unit usaha berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo; b) Diduga faktor nilai investasi berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo; c) Diduga faktor nilai bahan baku berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo.

Berdasarkan hasil uji regresi double log dapat disimpulkan bahwa: a) Variabel jumlah unit usaha secara statistik berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo pada taraf signifikansi 10%. Jadi jika jumlah unit usaha meningkat sebesar 1% maka penyerapan tenaga kerja akan meningkat sebesar 0,70%; b) Variabel nilai investasi secara statistik berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah dibina di Kabupaten Sukoharjo pada taraf signifikansi 10%. Jadi jika nilai investasi meningkat sebesar 1% maka penyerapan tenaga kerja akan meningkat sebesar 0,05%; c) Variabel nilai bahan baku secara statistik berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah di bina di Kabupaten Sukoharjo pada taraf signifikansi 10%. Jadi jika nilai bahan baku meningkat sebesar 1% maka penyerapan tenaga kerja akan meningkat sebesar 0,21%. Hasil uji F menunjukkan bahwa jumlah unit usaha, nilai investasi, dan nilai bahan baku secara bersama-sama berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah di bina di Kabupaten Sukoharjo. Dari hasil uji asumsi klasik disimpulkan bahwa tidak terdapat gejala multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.

Berdasarkan kesimpulan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut: a) Mengingat jumlah unit usaha berpengaruh secara positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah di bina di Kabupaten Sukoharjo, maka dibutuhkan peranan pemerintah untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan  guna mendorong bertahannya unit usaha yang ada serta mendorong munculnya unit-unit usaha yang baru; b) Mengingat nilai investasi berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah di bina di Kabupaten Sukoharjo, maka diperlukan uluran tangan dari pemerintah  dan  swasta untuk memberikan bantuan tambahan investasi bagi industri kecil, serta peranan lembaga keuangan untuk memberikan kredit bagi industri kecil dengan prosedur yang mudah dan bunga yang ringan; c) Mengingat nilai bahan baku berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada sentra industri kecil yang telah di bina di Kabupaten Sukoharjo, maka diperlukan bantuan dari pemerintah dalam penyediaan bahan baku bagi industri kecil sehingga bahan baku dapat diperoleh dengan mudah, lancar, berkualitas baik dan harga yang terjangkau.   

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis