Penulis Utama : Dewi Istikomah Hidayatullah
NIM / NIP : K7116037
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada perkalian bilangan cacah peserta didik kelas III SDN Karangasem I Surakarta dengan mengimplementasikan model pembelajaran TAI.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan  dalam  dua  siklus.  Setiap siklus terdiri dari  dua  pertemuan  yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Karangasem I Surakarta yang berjumlah 31 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta duduk. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validtas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian tentang pra-tindakan menunjukkan persentase ketuntasan klasikal keterampilan pemecahan masalah sebesar 3,23%. Siklus pertama meningkat menjadi 54,84% dan siklus kedua meningkat menjadi 93,55%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal. Maka dapat disimpulkan  keterampilan  pemecahan  masalah  soal  perkalian  bilangan  cacah dapat meningkat melalui implementasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

Kata Kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai), Perkalian, Bilangan Cacah

 

×
Penulis Utama : Dewi Istikomah Hidayatullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116037
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Perkalian Bilangan Cacah (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas III SD Negeri Karangasem I Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116037 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.