Penulis Utama : Chalia Mawardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa transportasi PO. Rosalia Indah di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200035-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability (keandalan), tangibles (bukti langsung), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) secara individu dan secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa tranportasi PO Rosalia Indah di Surakarta dan untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa transportasi PO Rosalia Indah di Surakarta.

Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut, hipotesis pertama yaitu diduga variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability (keandalan), tangibles (bukti langsung), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa transportasi PO Rosalia Indah di Surakarta. Yang kedua yaitu diduga variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability (keandalan), tangibles (bukti langsung), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa transportasi PO Rosalia Indah di Surakarta. Yang ketiga yaitu diduga variabel Reliability (keandalan) dalam kualitas pelayanan yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna jasa transportasi PO Rosalia Indah di Surakarta.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis peelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey, sampel dari penelitian ini adalah 100 orang responden pengguna jasa transportasi PO Rosalia Indah dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinansi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis deskriptif memperlihatkan bahwa distribusi frekuensi responden mayoritas adalah laki-laki, usia responden bervariasi, pekerjaan responden bervariasi, dan tingkat penghasilan responden juga bervariasi. Analisis regresi linear berganda menghasilkan persamaan           Y= -2,253+0,381X1+0,346X2+0,146X3+0,09534X4+0,478X5. Uji t menunjukkan bahwa reliability 2,663 dengan nilai signifikansi 0,009, tangibles 2,324 dengan nilai signifikansi 0,022, responsiveness 0,704 dengan nilai signifikansi 0,483,  assurance 0,437 dengan nilai signifikansi 0,663 dan empathy 2,470 dengan nilai signifikansi 0,015. Uji F menunjukkan bahwa nilai F 0,420 dengan nilai signifikansi 0,000. Uji Koefisien Determinasi menghasilkan koefisien determinasi sebesar 0,477 atau 47,7% yang menyatakan bahwa 47,7% loyalitas konsumen PO Rosalia Indah dipengaruhi oleh variabel reliability, tangibles, responsiveness, assurance, dan empathy.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa secara individu variabel dimensi kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen PO Rosalia Indah di Surakarta kecuali variabel responsiveness dan assurance yang tidak berpengaruh secara signifikan. Hasil ini menyatakan bahwa hipotesis pertama diterima. Secara bersama-sama variabel dimensi kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen PO Rosalia Indah di Surakarta. Hasil ini menyatakan bahwa hipotesis kedua diterima. Variabel yang paling berpengaruh secara signifikan adalah variabel reliability. Hasil ini menyatakan bahwa hipotesis ketiga diterima. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut yaitu PO Rosalia Indah seharusnya lebih meningkatkan kualitas pelayanannya yang terdiri dari reliability, tangibles, responsivenes, assurance dan emphaty karena dengan meningkatkan kelima dimensi kualitas pelayanan tersebut akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen PO Rosalia Indah di Surakarta. Dari kelima variabel tersebut yang harus lebih ditingkatkan lagi adalah reliability. Beberapa hal yang masih kurang baik pada pelayanan PO Rosalia Indah  adalah ketepatan pemberangkatan dan waktu tiba, dan musik yang diperdengarkan dalam bus sehingga harus lebih diperbaiki lagi pelayananya. Untuk penelitian selanjutnya perlu ditambahkan variabel harga.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis