Penulis Utama : Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Prarancangan pabrik novolac resin dari phenol dan formaldehide kapasitas 25.000 ton per tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I1502028-2005
Subyek : RENCANA PABRIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Prarancangan Pabrik Novolak Resin dari Phenol dan Formaldehide Kapasitas 25.000 ton/tahun ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan Novolak Resin yang sangat penting peranannya dalam industri kimia. Dalam industri Novolak Resin digunakan sebagai bahan dalam pembuatan lak dan fernis, bahan laminating, untuk panel dinding dekorasi, dan bahan perekat khususnya untuk kayu lapis. Kelebihan dari Novolak Resin adalah mudah diwarnai, mudah dibentuk dan dicetak, serta tidak menimbulkan efek racun.

Reaksi pembentukan Novolak Resin dalam Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) pada suhu 95 0C dan tekanan 3 atm. Perbandingan mol antara Phenol dengan Formaldehide adalah 1 : 0,8. Produk yang dihasilkan berupa Novolak Resin dan air. Produk akhir yang dihasilkan dengan kemurnian 94,9 %.

Pabrik Novolak Resin ini direncanakan berdiri di Barito Kuala, Kalimantan Selatan, bahan baku berupa Phenol diperoleh dari Georgia Gulf Plaquemine, LA dan Formalin dari PT. Binajaya Rodakarya di Barito, Kalimantan Selatan. Sedang bahan pembantu seperti katalis (H2SO4) diperoleh dari Canindo Succes Chemical di Jakarta dan NaOH diperoleh dari PT. Soda Waru di Sidoarjo.

Unit pendukung Proses terdiri dari unit pengadaan air, unit pengadaan steam, unit pengadaan listrik, dan unit pengadaan bahan bakar serta unit pengolahan limbah. Pabrik juga dilengkapi dengan laboratorium untuk menjaga kualitas dan mutu produk agar sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan.

Untuk menjalankan pabrik agar lancar dan efisien, disusun manajemen yang mengatur pembagian tugas karyawan, dan lain-lain. Bentuk perusahan yang dipilih adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan pembagiannya menurut jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non shift.

Dari analisa yang dilakukan pada Pabrik Novolak Resin, dibutuhkan investasi : modal tetap (Fixed Capital Investment) Rp. 326.907.131.287,09 dan modal kerja (Working Capital) Rp. 127.456.939.604,97. Analisa kelayakan diperoleh Break Even Point (BEP) 44,81 %, Shut Down Point (SDP) 27,38 %, Return Of Investment (ROI) sebelum pajak 41,18 %, Pay out Time (POT) sebelum pajak 1,95 tahun, Discounted Cash Flow (DCF) 25,86 %, Laba sebelum pajak Rp. 134.633.248.267,66 dan Laba sesudah pajak Rp. 94.243.273.787,36.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Muljadi
2. Ir. Endah Retno D., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik