Penulis Utama : Fajar Sugiarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh pemotongan torak dan pengurangan volume ruang bakar terhadap daya motor yamaha F1ZR tahun 2001
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K2500025-2005
Subyek : SEPEDA MOTOR-MESIN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Perbedaan pengaruh pemotongan torak terhadap daya motor Yamaha F 1ZR Tahun 2001. (2). Perbedaan pengaruh pengurangan volume ruang bakar terhadap daya motor Yamaha F 1ZR Tahun 2001. (3). Interaksi perbedaan antara pemotongan torak dan pengurangan volume ruang bakar terhadap daya motor Yamaha F 1ZR Tahun 2001. (4). Daya motor optimal interaksi antara pemotongan torak dan pengurangan volume ruang bakar terhadap daya motor yamaha F 1 ZR Tahun 2001.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan adalah bentuk kuantitatif yaitu memaparkan secara jelas hasil eksperimen yang diperoleh dari sejumlah benda uji dalam bentuk angka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah torak dan kepala silinder dengan pengurangan volume ruang bakar Yamaha F 1ZR tahun 2001. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga buah torak dengan ukuran (standar, dipotong 1 mm, dipotong 2 mm) dan dua buah kepala silinder dengan ukuran volume ruang bakar (standar dan 0.2 mm). Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik “purposive sampling”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengujian sampel pertama dan sampel kedua sebanyak lima kali replikasi, sehingga akan diperoleh data besarnya torsi motor, dari hasil perhitung kemudian didapatkan besarnya daya motor Yamaha F 1 ZR tahun 2001.

Prasyarat analisis data menggunakan uji lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dari perhitungan uji normalitas diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan. Anava digunakan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara variabel variasi pemotongan piston dan pengurangan volume ruang bakar terhadap daya motor. Uji scheffe digunakan untuk mencari rerata sel antara pemotongan piston dan pengurangan volume ruang bakar terhadap daya motor.

Dari hasil analisis data, maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan : (1). Ada perbedaan pengaruh pada pemakaian jenis torak terhadap daya dimana (Fobs = 1142.64 >Ftabel = 7,82). Semakin banyak pemotongan torak dilakukan, maka daya yang dihasilkan semakin besar. (2). Ada perbedaan pengaruh pada pemakaian kepala silinder jenis volume ruang bakar (standar dan dikurangi 0.2 mm) terhadap daya mesin dimana (Fobs = 7452.90 >Ftabel = 5,61). Dengan megurangi volume ruang bakar dari ukuran standar memberikan peningkatan daya. (3). Ada perbedaan pengaruh bersama (interaksi) antara jenis torak dan jenis volume ruang bakar (standar dan dikurangi 0.2 mm) terhadap daya mesin, hal ini dapat dilihat pada hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa (Fobs = 7.235 >Ftabel = 5,61). (4) Daya optimal sebesar 14.03 Kw, didapatkan pada pemakaian torak dipotong 2 mm dengan volume ruang bakar dikurangi 2 mm.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Umar Suratmin
2. Drs. Karno MW, ST.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP