Penulis Utama : Eko Sulistya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi perbedaan penyajian dan pengungkapan laporan keuangan perbankan syariah di Indonesia sebelum dan sesudah kewajiban penerapan PSAK No. 59 (studi kasus PT. Bank Muamalat Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302053-2005
Subyek : LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Bank syariah pertama di Indonesia, PT. Bank Muamalat Indonesia telah didirikan sekitar tahun 1992 atau kira-kira sudah berjalan selama 12 tahun.  Selama kurun waktu tersebut perbankan syariah di Indonesia berangsur-angsur berkembang sehingga perbankan syariah telah menjadi salah satu alternatif  bagi masyarakat untuk keperluan menabung atau meminjam uang.

Perkembangan perbankan syariah mendorong munculnya pemisahan undang-undang mengenai perbankan syariah yang terpisah dari undang-undang perbankan konvensional, yang secara jelas memiliki prinsip yang berbeda.  Seiring dengan munculnya peraturan yang mengatur tentang akuntansi perbankan syariah yaitu PSAK No. 59 tentang akuntansi perbankan syariah yang menggantikan PSAK No. 31 tentang perbankan konvensional yang selama ini dipakai sebagai dasar bagi akuntansi perbankan syariah di Indonesia muncul kontroversi tentang bagaimanakah perbedaan perlakuan akuntansi antara berdasarkan PSAK No. 31 dan berdasarkan PSAK No. 59.    Penulis mencoba untuk mengevaluasi perbedaan tersebut melalui PT. Bank Muamalat Indonesia sebagai salah satu bank syariah yang terkena kewajiban penerapan PSAK No. 59 dalam perlakuan akuntansi.   Penulis hanya akan mengambil penyajian dan pengungkapan dalam penelitian ini dari keseluruhan perlakuan akuntansi. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif qualitatif dengan obyek PT.  Bank Muamalat Indonesia.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penyajian komponen laporan keuangan baik untuk laporan keuangan yang didasarkan pada PSAK No. 31 dan yang didasarkan pada PSAK No. 59  maupun Penyajian komponen laporan keuangan yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat berdasarkan PSAK No. 59 dan menurut PSAK NO. 59, penyajian unsur-unsur neraca, penyajian unsur-unsur laporan laba rugi, penyajian perpos neraca, penyajian pos laporan laba rugi yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat untuk laporan keuangan yang didasarkan pada PSAK No. 31 dan yang didasarkan pada PSAK No. 59, sedangkan perbandingan unsur yang lain menujukkan  kesesuaian.

 

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis