Penulis Utama : Darwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Efektifitas penerapan modifikasi perilaku dalam meningkatkan prestasi belajar matematika anak berkesulitan belajar matematika (diskalkulia) siswa kelas 2 di SDN Dawung I Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2004/2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K5101020-2005
Subyek : MATEMATIKA - STUDI DAN PENGAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih efektif manakah antara pemberian penguatan (reinforcement) dan pemberian hukuman ((punishment) dalam merubah perilaku, yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika.

Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dengan disain matched group design. Populasi dalam penelitian ini ada 10 siswa kelas 2 SDN Dawung 1 Matesih yang mengalami kesulitan belajar matematika. Seluruh siswa tersebut memperoleh nilai mid semester dibawah rata-rata kelas yaitu dibawah 6,50. Seluruh siswa dalam populasi menjadi subyek penelitian. Populasi tersebut dibagi dengan cara matching menjadi dua yaitu 5 siswa untuk kelompok eksperimen yang diberi treatment berupa pemberian penguatan (reinforcement) dan 5 siswa untuk kelompok kontrol yang diberi hukuman (punishment).

Tehnik pengumpulan data adalah tes yang merupakan tehnik pokok dalam penelitian ini. Tes dalam penelitian ini hanya digunakan untuk post-test sedangkan sebagai pengganti pre-test digunakan nilai mid semester. Tehnik pelengkapnya adalah dokumentasi. Karena hipotesis penelitian ini adalah menguji perbedaan efektifitas dua variabel maka analisis statistik mengunakan rumus Man Whiney U Tes.

Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan lebih efektif bila dibandingkan dengan pemberian hukuman dalam meningkatkan prestasi belajar metematika bagi anak yang mengalami kesulitan belajar matematika di kelas 2 SDN Dawung 1 Kec. Matesih, Kab. Karanganyar. Hal ini terbukti bahwa hasil perhitungan dengan man whiney U test diperolah bahwa harga yang lebih kecil adalah 1,5. Taraf signifikansi 1% untuk pengujian satu arah dengan dan maka harga kritis dalam tabel adalah . Karena harga hitung lebih kecil dari harga kritik dalam tabel ( ) yaitu 1,5 >1 maka ditolak dan diterima Data tersebut juga diperkuat dengan rata-rata tes akhir yang diperoleh kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 7,6 > 5,8. Hal ini berarti kelompok eksperimen meningkat lebih tinggi yaitu 82% sedangkan pada kelompok kontrol (pembanding) hanya mengalami peningkatan sekitar 17% walaupun kemampuan awalnya (nilai mid semester) sebelum treatmen dilakukan nilai kedua kelompok tidak menunjukan perbedaan yang signifikan yaitu kelompok eksperimen 4,48 dan kelompok kontrol adalah 4,56.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudakiem, M. Pd
2. Prof. Dr. Sunardi, M. Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP