Penulis Utama : Agung Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tindak kekerasan terhadap anak dalam keluarga di pemukiman kumuh perkotaan Surakarta (kajian mengenai pelaku dan korban tindak kekerasan serta dampaknya terhadap anak di pemukiman kumuh kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K6400012-2005
Subyek : KEKEJAMAN TERHADAP ANAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Jenis-jenis tindak kekerasan terhadap anak yang terjadi dalam keluarga di pemukiman kumuh Kota Surakarta, (2) Siapa yang menjadi pelaku dan korban tindak kekerasan terhadap anak di pemukiman kumuh kota Surakarta, (3) Mengapa muncul tindak kekerasan terhadap anak dalam keluarga di pemukiman kumuh kota surakara, (4) Bagaimana dampaknya terhadap anak serta solusi yang dapat di gunakan untuk mengatasi tindak kekerasan terhadap anak dalam keluarga di pemukiman kumuh Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, sebab penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang mempunyai tujuan untuk memaparkan obyek yang diteliti berdasarkan fakta aktual dan mengetahui masalah yang dihadapi adalah masalah yang ada pada waktu sekarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (sampling bertujuan), untuk menjaring sebanyak mungkin informasi dari berbagai macam sumber data dan bangunannya. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) observasi langsung, (2) wawancara dan (3) analisis dokumen. Adapun untuk memperoleh data yang valid, maka validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data atau sumber. Sedangkan teknik analisis interaktif data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga unsur yaitu: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan verivikasi / penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat empat jenis tindak kekerasan antara lain: Penganiayaan fisik, Penganiayaan seksual, Penelantaran anak, Penganiayaan emosional, namun ada pula jenis tindak kekerasan yang lain yaitu kekerasan ekonomi, yang berbentuk pekerja anak di bawah umur atau disebut dengan istilah perbudakan anak. (2) pelaku tindak kekerasan adalah orang dewasa yang memiliki kekuasaan untuk mengatur dan selayaknya melindungi anak serta patuh pada hukum namun melakukan tindak pidana kekerasan. Sedangkan korban adalah anak yang menjadi obyek dari perbuatan si pelaku yang karena kepatuhannya disalahgunakan oleh pelaku untuk melakukan tindak kekerasan. (3) sebab-sebab munculnya tindak kekerasan antara lain: Faktor individu, Faktor sosial, (4) dampak dari tindak kekerasan antara lain anak menjadi negatif dan agresif serta mudah frustrasi. Anak cenderung pasif dan apatis, tidak memiliki kepribadian, rendah diri, sulit menjalin relasi dengan orang lain dan cenderung membenci dirinya sendiri. Sedangkan solusinya antara lain terdiri dari dua aspek, yaitu segi preventif dan kuratif.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. CH Baroroh, M.Si
2. Drs. Suyatno, MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP