Penulis Utama : Deny Dwi Retnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis hubungan keseimbangan internal dan eksternal melalui pendekatan moneter neraca pembayaran Indonesia periode tahun 1993 : 1-2003:4
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101028-2005
Subyek : MONETER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Karakteristik perekonomian Indonesia yang memenuhi kriteria “small and open economy” yang menganut sistem devisa bebas dan ditambah dengan penerapan sistem nilai tukar mengambang menyebabkan gangguan yang timbul dari luar maupun potensi gangguan yang timbul dari dalam dapat mempengaruhi perekonomian domestik.

Besarnya tulisan ini memfokuskan diri kepada neraca pembayaran sebagai indikator keseimbangan eksternal dan bagaimana pengaruh perubahan yang terjadi terhadap kondisi moneter domestik yang diwakili oleh kredit domestik, tingkat harga, SBI, PDB, dan kondisi perekonomian (Dummy). Selain itu juga untuk mengetahui dan menganalisis kausalitas antara cadangan devisa dengan kredit domestik, serta mengetahui dan menganalisis kausalitas antara cadangan devisa dengan tingkat harga.

Hasil uji penelitian berdasarkan uji kausalitas Granger antara cadangan devisa dengan kredit domestik menunjukkan bahwa pada lag-3 hingga lag-6 terdapat hubungan satu arah dari cadangan devisa dengan kredit domestik, sedangkan untuk kausalitas cadangan devisa dengan tingkat harga menunjukkan bahwa pada lag 2 hingga lag-6 terdapat hubungan satu arah dari cadangan devisa ke tingkat harga. Berdasarkan hasil uji dengan menggunakan Error Correction Model (ECM) menunjukkan bahwa kredit domestik dalam jangka pendek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap cadangan devisa, sedangkan dalam jangka panjang memberikan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan. Variabel tingkat harga dalam jangka pendek memberikan pengaruh positif dan dalam jangka panjang memberikan pengaruh negatif terhadap cadangan devisa. Variabel suku bunga dalam jangka pendek memberikan pengaruh yang positif sedangkan dalam jangka panjang memberikan pengaruh yang negatif terhadap cadangan devisa. Variabel pendapatan nasional baik dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang memberikan pengaruh yang positif terhadap cadangan devisa. Variabel Dummy, sebagai variabel kualitatif kondisi perekonomian dilihat dari tingkat signifikansinya memberikan gambaran bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah krisis terhadap kondisi cadangan devisa Indonesia.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini antara lain, dalam menerapkan kebijakan-kebijakan hendaknya otoritas moneter menitikberatkan pada dampak faktor luar negeri dan juga memperhitungkan kemampuan faktor internal, Meredam dan/ atau mengurangi arus masuk kapital internasional yang menciptakan situasi spekulasi yang melabilkan. Kebijakan sosial politik dan keamanan sebagai pendukung kebijakan fiskal dan moneter perlu dilakukan dalam rangka memberikan jaminan kepastian berusaha bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Indonesia.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis