Penulis Utama : Agus Setiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh citra supermarket terhadap loyalitas konsumen pada toko mitra di Palur Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202005-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh citra supermarket secara signifikan terhadap konsumen untuk membeli ulang, (2) Di duga faktor lingkungan yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli ulang pada Mitra Supermarket. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh dimensi citra supermarket secara signifikan terhadap niat konsumen untuk membeli ulangl, (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli ilang pada Mitra Supermarket. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Ada pengaruh secara signifikan citra supermarket terhadap loyalitas konsumen, (2) Faktor lingkungan fisik yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas konsumen..

Penelitian ini merupakan analisis data primer, dimana data yang digunakan adalah data dari konsumen yang sedang berbelanja di Mitra Supermarket Palur Karanganyar sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis model regresi linear berganda dimana variabel loyalitas konsumen dijadikan sebagai variabel dependen sedangkan variabel Place, Harga, Pelayanan, Lingkungan Fisik, Kualitas Produk, promosi, dan proses dijadikan sebagai variabel bebas (independen).

Hasil analisis menunjukkan bahwa, Variabel Place, Harga, Pelayanan, Lingkungan Fisik, Kualitas produk, proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen secara individu pada taraf signifikansi 5%, sedangkan variabel promosi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,977 yang berarti bahwa pengaruh yang ditimbulkan oleh besarnya variasi variabel independen Place, Harga, Pelayanan, Lingkungan fisik, Kualitas Produk, promosi, dan proses dapat menjelaskan besarnya variasi variabel dependen loyalitas konsumen di Mitra Supermarket Palur Karanganyar sebesar 97,70% sedangkan sisanya sebesar 2,3% dijelaskan oleh variasi variabel lain diluar model. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen secara signifikan mempengaruhi loyalitas konsumen pada Mitra Supermarket di Palur Karanganyar.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pada uji t didapatkan hasil bahwa variabel semua variabel independen kecuali variabel promosi memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan loyalitas konsumen pada Mitra Supermarket Palur, sedangkan variabel promosi tidak memberikan pengaruh yang penting terhadap loyalitas konsumen. Dari hipotesis pertama yang diajukan dapat dibuktikan bahwa memang benar citra supermarket dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Pada Mitra Supermarket di palur Karanganyar. Sedangkan hipotesis kedua tidak terbukti kebenarannya yang menyatakan faktor lingkungan fisik yang paling berpengaruh dominan dalam mempengaruhi loyalitas konsumen. Yang paling berpengaruh adalah variabel proses. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) agar lebih ditingkatkan dan dipertahankan usaha yang telah dilakukan dalam peningkatan loyalitas konsumen melalui beberapa variabel yang diteliti, (2) adanya perbaikan pada promosi penjualan yang dilakukan dengan pemberian diskon pada barang-barang tertentu, adanya bonus atau hadiah, iklan disurat kabar dan massmedia yang dibuat lebih hidup dan menarik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati Tj, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis