Penulis Utama : Laela Yuni Setyaningsih
NIM / NIP : X7210073
×

Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan (1) Ada tidaknya pengaruh tipe keluarga terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri sekecamatan Kuwarasan; (2) Ada tidaknya pengaruh kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa; (3) Ada tidaknya interaksi pengaruh tipe keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan terhadap basil belajar Bahasa Indonesia siswa.
Penelitian ini menggunakan metode ekspost facto untuk seluruh aspek yang diteliti, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi semua siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) sekecamatan Kuwarasan yang berjumlah 35 SDN. Sampel penelitian adalah 10?ri jumlah  populasi, yaitu berjumlah 4 SDN. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah non probably sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes berupa soal evaluasi dan teknik non tes berupa angket dan daftar centang. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu anava dua arah. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh tipe keluarga terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN sekecamatan Kuwarasan; (2) Ada pengaruh kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa; (3) Tidak ada interaksi pengaruh tipe keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Idonesia siswa.

KATA KUNCI: HASIL BELAJAR, TIPE KELUARGA, SARANA PENDIDIKAN

 

 

 

×
Penulis Utama : Laela Yuni Setyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7210073
Tahun : 2012
Judul : Pengaruh Tipe Keluarga dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kuwarasan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PGSD Kebumen
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. PGSD - X7210073 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M. Pd.
2. Drs. Joharman, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.