Penulis Utama : Wahid Adhiarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh produk, harga, iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda bebek (survai di Kotamadya Magelang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200110-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Persaingan yang semakin ketat dewasa ini, terutama untuk produksi sepeda motor menuntut agar masing – masing perusahaan / produsen sepeda motor bersaing dalam menarik atau memperebutkan konsumen. Produsen sepeda motor Honda adalah salah satunya. Dalam memasarkan produknya Honda sangat memperhatikan faktor produk, harga, dan iklan yang mereka buat, tetapi kemudian yang menjadi masalah adalah sejauh mana atau seberapa besar variabel produk, harga, dan iklan bisa mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen. Adapun hipotesis yang dikemukakan oleh peneliti adalah (1) Variabel produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. (2) Variabel harga berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. (3) Variabel iklan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. (4) Variabel produk, harga, dan iklan secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. (5) Variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah produk.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai, sehingga penulis melakukan pengambilan sampel dari populasi yang telah ditentukan dengan teknik proportional random sampling, sedangkan pengumpulan data primer dilakukan dengan meyebarkan kuesioner langsung kepada para konsumen, untuk pengumpulan data sekunder dilakukan dengan observasi dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian ini.

Hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 10,0. (1) Variabel produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian, t hitung untuk variabel produk adalah sebesar 2,903 (2) Variabel harga mempunyai pengaruh yang negatif terhadap keputusan pembelian, t hitung untuk variabel harga –2,693 (3) Variabel iklan mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian, t hitung untuk variabel iklan 4,495. Sedangkan t tabel nilainya 1,9850 (4) Secara bersama-sama variabel produk, harga, dan iklan mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian, karena F hitung (12,921 ) > F tabel (2,60) (5) Variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah iklan. sehingga hipotesis yang diajukan oleh peneliti tidak terbukti.

Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan, bahwa hipotesis pertama, ketiga, dan keempat terbukti dimana ada pengaruh yang positif dari variabel produk, dan iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Bebek baik secara parsial ataupun bersama-sama. Sedangkan untuk hipotesis kedua tidak terbukti, karena harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, ini disebabkan dalam era persaingan yang ketat harga memegang peranan yang sangat penting dalam penentuan keputusan pembelian. Hipotesis kelima tidak terbukti, karena ternyata variabel iklan yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis tersebut saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah sebisa mungkin produsen sepeda motor Honda meningkatkan ataupun mempertahankan iklan, sedangkan untuk produk produsen tidak perlu khawatir karena apapun produk dari Honda pasti disukai konsumen karena brand image Honda yang kuat. Sedangkan untuk harga sebisa mungkin produsen mempertahankan harga yang sudah ada dan kalau mungkin ada pengurangan harga.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati Tj, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis