Penulis Utama : Yetika Desi Astriani
NIM / NIP : K7109213
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN Donorojo I Pacitan tahun ajaran 2012/2013.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 4 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas  V SDN Donorojo I Pacitan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi  teknik,  triangulasi sumber, dan triangulasi  teori. Sedangkan  analisis  data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui peningkatan persentase pemahaman    konsep daur air siswa pada siklus I dan siklus II. Peningkatan pemahaman konsep daur air dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 68,5 dengan ketuntasan klasikal 45% pada pratindakan. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi  77,7 dengan ketuntasan klasikal 75% pada siklus I. Kemudian, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 86,6 dengan  ketuntasan klasikal 90% pada siklus II. Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah  penggunaan media audio visual digital versatile disc dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN Donorojo I Pacitan tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci: Pemahaman  Konsep Daur Air, Media Audio Visual Digital Versatile Disc.

 

×
Penulis Utama : Yetika Desi Astriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7109213
Tahun : 2013
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Daur Air Menggunakan Media Audio Visual Digital Versatile Disc (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Donorojo 1 Pacitan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Ilmu Pendidikan - K7109213 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngadino Y, M.Pd
2. Dra. Noer Hidayah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.