Penulis Utama : Tri Rahayu Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi investasi penanaman modal dalam negeri di Propinsi DIY (periode 1983 s/d 2002)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101080-2005
Subyek : INVESTASI MODAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel PDRB, tingkat suku bunga SBI, inflasi, dan ekspor neto berpengaruh terhadap investasi PMDN di propinsi D.I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan analisis terhadap data sekunder. Data yang digunakan adalah data deret waktu (time series) dari tahun 1983 s.d. 2002. Alat analisis yang digunakan adalah model dinamis Partial Adjusment Method (PAM), dimana investasi PMDN sebagai variabel dependen dan PDRB, tingkat suku bunga SBI, inflasi dan ekspor neto sebagai variabel independen. Hipotesis yang diajukan adalah 1). Faktor-faktor yang mempengaruhi PMDN di propinsi D.I Yogyakarta adalah PDRB, tingkat suku bunga SBI, inflasi dan ekspor neto; 2). Variabel PDRB dan ekspor neto berpengaruh positif dalam jangka pendek dan jangka panjang terhadap investasi PMDN, sedangkan tingkat suku bunga SBI dan inflasi berpengaruh negatif terhadap investasi PMDN di Propinsi D.I Yogyakarta.

Berdasarkan uji PAM bahwa dalam jangka pendek semua variabel, yaitu PDRB, tingkat suku bunga SBI, inflasi dan ekspor neto secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap investasi PMDN di Propinsi D.I Yogyakarta pada taraf 5%. Secara parsial variabel PDRB, tingkat suku bunga SBI, inflasi dan ekspor neto berpengaruh signifikan terhadap investasi PMDN di Propinsi D.I Yogyakarta pada taraf 5%. Dalam jangka pendek dan jangka panjang pengaruh variabel PDRBdan suku bunga SBI adalah positif terhadap investasi PMDN. Sedangkan variabel inflasi dan ekspor neto dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh negatif terhadap investasi PMDN.  

Dari hasil penelitian diajukan beberapa saran 1). Pemberian kemudahan dalam impor barang modal dan bahan baku melalui peraturan-peraturan daerah yang dibuatnya, menumbuhkembangkan industri-industri penyedia bahan baku dan barang modal maupun produk-produk ekspor lainnya sehingga akan mengimbangi nilai ekspor; 2). Perlu diciptakannya iklim yang kondusif bagi terrealisasinya proyek investasi seperti terjaganya stabilitas keamanan, peraturan ketenagakerjaan yang pasti, prosedur kebijakan yang tidak berbelit serta kebijakan yang tidak tumpang tindih antara pusat dan daerah yang pada akhirnya akan mampu menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah melalui penyederhanaan birokrasi, pengenalan potensi daerah dan kemudahan dalam berinvestor dalam bentuk peraturan daerah; 3). Pengefektifan kegiatan operasi pasar yang dilakukan oleh BULOG dapat mengendalikan harga barang di pasar dan  dapat mencegah penimbunan barang di pasar, selain itu pula perlu pengoptimalan lembaga penyalur stok barang dan koperasi sehingga ketersediaan stok barang tetap terjaga sehingga akan mampu menekan laju inflasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis