Penulis Utama : Rina Mardiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S221808010
Tahun : 2021
Judul : Pengelolaan Informasi Mengenai Kanker Payudara Oleh Perempuan Dengan Persepsi Resiko Tinggi (Studi Fenomenologi pada Perempuan yang Memiliki Ibu Penderita Kanker Payudara di Solo Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Komunikasi - S221808010 - 2021
Subyek : PENGELOLAAN INFORMASI, PENCARIAN INFORMASI, PENGAMBILAN KEPUTUSAN, KANKER PAYUDARA, PERSEPSI RESIKO
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pengelolaan informasi yang dilakukan oleh perempuan dengan persepsi resiko tinggi kanker payudara. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan sembilan anak perempuan penderita kanker payudara yang tergabung dalam komunitas penyintas kanker payudara Lovelypink Solo yang dipilih dengan menggunakan teknik purposif. Adapun teknik pengumpulan dilakukan melalui wawancara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan dengan persepsi resiko tinggi dalam hal pengelolaan informasi mengambil keputusan untuk mencari dan mengabaikan informasi. Pada kelompok anxious pencarian informasi hanya dilakukan melalui ibu dan media internet. Sedangkan pada kelompok responsive pencarian informasi dilakukan dengan cara berkomunikasi kepada ibu, dokter, komunitas serta media internet sebagai pendukung. Ditemukan beberapa topik yang biasanya  dicari  oleh  individu,  diantaranya  adalah  gejala  kanker, faktor  resiko genetik, jenis kanker lain, pencegahan kanker, serta skrining kanker payudara. Namun demikian terdapat beberapa topik kanker payudara yang dihindari oleh kedua kelompok ini. Secara keseluruhan, baik kelompok responsive maupun kelompok anxious memutuskan untuk menciptakan pikiran dan emosi yang lebih positif dan melanjutkan pencarian informasi.

Kata Kunci: Pengelolaan    Informasi,    Pencarian    Informasi,    Pengambilan
Keputusan, Kanker Payudara, Persepsi Resiko

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph. D
2. Drs. Ign. Agung Satyawan, SE. S.I.Kom, M.Si., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana