Penulis Utama : Rita Priyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231808023
Tahun : 2021
Judul : Komunikasi Dalam Pemberdayaan Perempuan Wirausaha Sosial di Kota Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Komunikasi - S231808023 - 2021
Subyek : PEMBERDAYAAN, PEREMPUAN WIRAUSAHA SOSIAL, INSTAGRAM
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Komunikasi pemberdayaan ikut mendorong munculnya partisipasi di kalangan perempuan  untuk  tampil  dan  bertindak  menghadapi  persoalan sosial.  Dengan adanya tren ini, penelitian ini bermaksud untuk berkontribusi pada tubuh pengetahuan yang ada tentang pemberdayaan perempuan, kewirausahaan sosial dan media sosial. Pemberdayaan perempuan tentunya akan menggunakan cara yang berbeda jika melihat fenomena tersebut. Komunikasi dalam pemberdayaan perempuan wirausaha sosial secara langsung dan melalui media sosial khususnya instragam menjadi fokus utama yang dikaji dalam penelitian ini.

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemberdayaan yang   dilakukan   oleh   agen   dalam   melakukan   strukturisasi   dalam   Social Information Processing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Strukturasi  dikembangkan  oleh  Anthony  Giddens  guna  memahami  konsep dualitas  struktur  (duality  of  structure).  Jenis  penelitian  ini  adalah  kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi..

Hasil  penelitian  menunjukan  hubungan  dualitas  agen  dengan  struktur  yang terlibat   langsung   dalam   pemberdayaan   munculah   komunitas   baru,   yaitu komunitas   batik   murni,   komunitas   peduli   sampah,   komunitas   sulam   dan komunitas karya budaya. Pada kajian komunikasi yang dilakukan secara online melalui   social   information   processing   theory,   menemukan   5   aspek   yang digunakan untuk melakukan pemberdayaan melalui media sosial. Pertama, konten yang diposting mengangkat nilai-nilai sosial yang relevan dengan tema pemberdayaan, Kedua, brand mission yang dimaksudkan untuk berbagi mengenai misi agen dengan menggunakan caption yang membangun.. Ketiga, memorable content and packaging, yaitu mengelola konten dengan kreatif dan konsisten. Mulai dari kapan waktu untuk memposting, konsisten waktu hingga konten yang akan diunggah. Keempat, Membangun jaringan guna memberikan fasilitas pemberdayaan. Kelima, differentation, membuat sesuatu yang berbeda. Kelima, Community development  meliputi sosialisasi, ajakan, rekrutmen volunter, info kegiatan sampai pertemuan para stakeholder serta memberikan fasilitas dengan adanya kegiatan tatap muka permanen.

Kata kunci: Pemberdayaan, Perempuan Wirausaha Sosial, Instagram;

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito Ph.D.
2. Prof. Mahendra Wijaya, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana