Penulis Utama : Sri Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Implikatur percakapan dalam novel “Burung-Burung Manyar” karya Y.B. Mangunwijaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299043-2005
Subyek : NOVEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul Implikatur Percakapan dalam Novel “Burung-Burung Manyar” Karya Y.B. Mangunwijaya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu 1). bagaimana pengungkapan implikatur percakapan yang direalisasikan dalam percakapan para tokoh dalam novel Burung-Burung Manyar?, 2). bagaimana fungsi tindak tutur yang termuat dalam novel Burung-Burung Manyar?, dan 3). bagaimana penyimpangan maksim-maksim prinsip kerjasama dalam penggunaan implikatur percakapan yang terdapat dalam novel Burung-Burung Manyar?.

Tujuan penelitian ini yang pertama adalah menjelaskan pengungkapan implikatur percakapan yang terdapat dalam novel Burung-Burung Manyar, yang kedua, menemukan berbagai fungsi tindak tutur yang digunakan dalam novel Burung-Burung Manyar. Ketiga, mengetahui penyimpangan-penyimpangan terhadap prinsip kerja sama dalam penggunaan implikatur dalam novel Burung-Burung Manyar.

Metode penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Populasi penelitian mencakup semua percakapan para tokoh yang terdapat dalam novel Burung-Burung Manyar yang mengandung implikatur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu 1). implikatur percakapan dalam novel Burung-Burung Manyar menggunakan beberapa macam tuturan. Tuturan yang paling banyak digunakan adalah tuturan tidak langsung, 2). ditemukan 14 fungsi tindak tutur yang digunakan dalam novel Burung-Burung Manyar, yaitu fungsi untuk menyarankan, menyatakan, menjelaskan, menolak, meminta/memohon, memerintah, memberi nasehat, bertanya, menjanjikan, menawarkan, memuji, mengecam, marah, dan bergurau. Fungsi yang paling dominan adalah fungsi representatif untuk ‘menyatakan’, 3). penyimpangan terhadap prinsip kerja sama yang paling banyak ditemukan adalah penyimpangan terhadap maksim kuantitas

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Henry Yustanto, M. A
2. Dra. Hesti Widyastuti, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa