Penulis Utama : Yunus Evanudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Kaji eksperimental alat penukar panas tipe selongsong dan tabung satu lintasan dengan variasi potongan sekat horisontal untuk aliran searah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0498058-2005
Subyek : TEKNIK MEKANIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam perancangan alat penukar panas tipe selongsong dan tabung (shell and tube) banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerjanya terutama dimensi dari komponen-komponennya. Salah satunya adalah dimensi dari pemotongan pada bagian sekat secara horisontal.

Percobaan dilakukan untuk meneliti pengaruh dari pemotongan sekat horisontal terhadap peforma dari alat penukar panas meliputi pressure drop, koefisien perpindahan panas dan efektifitas. Penelitian ini menggunakan tiga macam berkas tabung dengan variasi pemotongan sekat 20%, 40% dan 50% dengan jarak antar sekat adalah sama. Temperatur masukan yang digunakan adalah sama, yaitu 70o C pada sisi fluida panas dan 28o C pada sisi fluida dingin. Arah aliran yang digunakan adalah searah dengan debit sama, yaitu 0,417 (liter/s) pada sisi fluida panas dan 0,42 (liter/s) pada sisi fluida dingin.

Berdasarkan pengujian diperoleh hasil temperatur keluaran yang berbeda untuk ketiga berkas tabung, yaitu 60,59 oC, 63,43 oC dan 65,07 oC. Harga pressure drop terkecil diperoleh pada kondisi pemotongan sekat 50% yaitu sebesar 251,317 Pa. Hal ini disebabkan karena untuk pemotongan sekat 50 % luasan kebocoran sisi seolongsong lebih besar dibanding kedua berkas tabung lainnya. Harga koefisien perpindahan panas menyeluruh dan efektifitas yang terbesar diperoleh pada kondisi pemotongan sekat 20 % yaitu 117,397 W/m2K dan efektifitasnya adalah 0,26. Hal ini terjadi karena pada kondisi pemotongan sekat 20 % jumlah fraksi tabung dalam aliran melintang murni lebih besar dibanding kedua berkas lainnya yang berpengaruh terhadap harga koefisien perpindahan panas.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Budi Santoso, ST, MT
2. Wibawa E.J, ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik