Penulis Utama : Heni Widiastuti
NIM / NIP : S841902014
×

Heni Widiastuti. S841902014. Pemanfaatan Antologi Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara Karya Komunitas Wonderland Family sebagai Pengembangan Bahan Ajar Sastra di SMA (Sebuah Kajian Antropologi Sastra). Tesis. Pembimbing: Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. Kopembimbing: Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum. Program Studi Magister Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan nilai budaya yang terdapat dalam enam cerita rakyat yang berjudul Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara karya Komunitas Wonderland Family; 2) mendeskripsikan mitos yang terdapat dalam enam cerita rakyat yang berjudul Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara karya Komunitas Wonderland Family; 3) mendeskripsikan pemanfaatan enam cerita rakyat yang berjudul Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara karya Komunitas Wonderland Family.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari sumber-sumber data dan informasi berupa teks sastra. Strategi dalam penelitian ini yaitu dengan menggunkan teknik simak-catat. Teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik wawancara dengan melakukan wawancara mendalam terhadap narasumber. Peneliti melakukan pembacaan secara intensif dan melakukan pencatatan secara aktif dengan metode analisis konten atau analisis isi digunakan dalam menganalisis dokumen sehingga diketahui isi dan maknanya. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tiga alur kegiatan yaitu: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) nilai budaya dalam enam Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara karya Komunitas Wonderland Family berupa bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sossial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup atau ekonomi, sistem religi, dan kesenian; 2) mitos dalam enam Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara karya Komunitas Wonderland Family meliputi mitos religi, mitos feminis, mitos geografis, mitos kebendaan atau pusaka, dan mitos kepahlawanan. 3) pemanfaatan enam judul cerita rakyat dalam Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara karya Komunitas Wonderland Family pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis, dan Kompetensi Dasar 4.7. Menceritakan kembali kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.

Kata kunci: Cerita Rakyat, Bahan Ajar, Antropologi Sastra

×
Penulis Utama : Heni Widiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902014
Tahun : 2022
Judul : Pemanfaatan Antologi Cerita Rakyat Pilihan 34 Provinsi di Nusantara Karya Komunitas Wonderland Family sebagai Pengembangan Bahan Ajar Sastra di SMA (Sebuah Kajian Antropologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata kunci: Cerita Rakyat, Bahan Ajar, Antropologi Sastra
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2021/01/D215012327.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D.
2. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
Catatan Umum : Publish Journal: Volume 5 Issue 1 (January 2021) in American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR)
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.