Penulis Utama : Mutiani Eka Astutik
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : K3117051
Tahun : 2022
Judul : SELF ESTEEM SEBAGAI PREDIKTOR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI DI SMAN 1 WATES KEDIRI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

Mutiani Eka Astutik. K3117051. SELF ESTEEM SEBAGAI PREDIKTOR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI DI SMAN 1 WATES KEDIRI, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta, Oktober 2021.

Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar diharapkan berorientasi positif untuk berprestasi. Motivasi berprestasi memiliki dua elemen pembangun yaitu elemen internal dan eksternal. Faktor internal yang timbul ketika peserta didik termotivasi untuk berprestasi, yaitu self esteem. Hal ini dikarenakan self esteem memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi, perilaku, dan rasa kepuasan terhadap kehidupan. Pada praktiknya, tidak semua guru BK memahami pengaruh self esteem terhadap motivasi berprestasi. Akibatnya banyak pemberian layanan guna pengembangan diri yang tidak efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh self esteem terhadap motivasi berprestasi yang dimiliki peserta didik kelas XI di SMAN 1 Wates, Kediri. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif eksplanatori menurut Groves (2010). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Wates dengan jumlah 379 orang.  

Pelaksanaan pada penelitian menggunakan 191 sampel yang diambil secara simple random sampling dan penghitungan dengan rumus Isaac dan Michael. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang disebar secara online. Analisis data dilakukan dengan teknik statistika deskriptif, uji validitas, dan uji reliabilitas.Hasil uji ahli menunjukkan nilai validitas 0,79 dan realibilitas percentage of agreement sebesar 80,95%. Kesimpulan uji ahli tersebut menyatakan bahwa instrumen yang akan diajukan dalam penelitian valid dan reliabel. Uji reliabilitas instrumen juga diukur dengan bantuan progam komputer SPSS dengan teknik Cronbach’s Alpha menghasilkan nilai 0,941, sehingga dikatakan instrumen penelitian tersebut reliabel.

             Hasil uji pengaruh atau regresi linear sederhana yang menghasilkan nilai R square yaitu 60,5%. Oleh karena itu, maka variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 60,5%. Sisanya sebesar 39,5% menunjukkan pengaruh varabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya, karena didapatkan koefisien yang nilainya positif, tinggi atau rendahnya self esteem pada diri peserta didik berpengaruh pada tingkat motivasi berpestasi siswa yang dibuktikan dengan persamaan Y = 15.038 + 0,794X. Penelitian ini memberikan saran pada guru BK untuk mengenalkan sekaligus melatih self esteem dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian guna mencapai indikator-indikator yang belum terpenuhi.

 

Kata kunci: Self-esteem, motivasi berprestasi, survei

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lampiran 1.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
Catatan Umum : Penelitian ini dilakukan pada daerah tertentu secara spesifik. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.
Fakultas : Fak. KIP