Penulis Utama : Retno Andyisetyorini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.0398013
Tahun :
Judul : Reaksi pasar terhadap kebijakan dividen (inisiasi dan omisi) dan pengaruhnya
Edisi :
Imprint : - -
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0398013-2003
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bersifat event study, event yang dipilih dalam penelitian ini adalah pengumuman inisiasi dan omisi dividen yang dilihat bagaimana pengaruhnya pada reaksi pasar dan juga kinerja perusahaan. Sampel yang digunakan sebanyak 21 perusahaan untuk perusahaan yang melakukan inisiasi dividen dan 7 perusahaan yang melakukan omisi dividen. Sampel diambil dalam periode tahun pertengahan 1997 sampai dengan 2001.

Analisis regresi dilakukan dengan menggunakan model pasar (market model), dimana menggunakan periode estimasi selama 84 hari (t-95 sampai dengan t-6). Periode pengamatan yang digunakan adalah selama 11 hari disekitar event (t-5 sampai dengan t+5). Perdagangan yang tidak sinkron karena perdagangan yang tipis sebagai ciri pasar modal di negara berkembang. Hal ini menyebabkan beta bias sehingga harus disesuaikan dengan koreksi beta. Metode koreksi yang digunakan adalah metode Fowler Rorke.

Pengujian hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat reaksi pasar positif atau negatif terhadap pengumuman inisiasi atau omisi dividen menggunakan uji t dengan SAAR sebagai t-hitung. Pengujian hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kinerja perusahaan satu tahun sebelum dengan satu tahun sesudah pengumuman dividen menggunakan Paired Sample T Test untuk data terdistribusi normal dan Wilcoxon Signed Ranks Test untuk data tidak terdistribusi normal.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat reaksi pasar positif terhadap pengumuman inisiasi dividen pada hari ke-2, hari ke-3 sebelum pengumuman inisiasi dividen dan pada hari ke-2, hari ke-3 dan hari ke-5 setelah pengumuman inisiasi dividen dan tidak terdapat reaksi pasar negatif terhadap pengumuman omisi dividen. Kinerja keuangan perusahaan dilihat dari rasio ROA, ROE, PER dan rasio net sales/total asset tidak ada perbedaan yang signifikan antara satu tahun sebelum dengan satu tahun sesudah pengumuman inisiasi dividen. Sedangkan rasio total debt/total asset (rasio leverage) terdapat perbedaan yang signifikan antara satu tahun sebelum dengan satu sesudah pengumuman dividen inisiasi dividen. Karena pasar tidak bereaksi terhadap pengumuman omisi dividen, maka penelitian tidak dilanjutkan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan kinerja perusahaan antara satu tahun sebelum dengan satu tahun sesudah pengumuman omisi dividen.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis