Penulis Utama : Angga Kunto Widianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh investasi dan tenaga kerja terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100018-2005
Subyek : INVESTASI MODAL-ASPEK TENAGA KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investasi dan tenaga kerja terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan analisis data sekunder. Data yang digunakan adalah data time series dari perkembangan industri kecil di Jawa Tengah tahun 1984 sampai dengan tahun 2003. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: diduga investasi dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah regresi Double-Log. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa pembangunan sektor industri kecil yang ada di daerah merupakan salah satu upaya dalam peningkatan dan perbaikan ekonomi daerah. Salah satu indikator berkembangnya sektor industri kecil dapat dilihat dari tingkat output industri tersebut. Output industri tersebut dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan pendapatan dari sektor ini juga akan memberikan pendapatan bagi pemerintah daerah melalui pungutan pajak.

Hasil uji F menunjukkan bahwa investasi dan tenaga kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: a) Variabel investasi secara statistik berpengaruh positif terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah pada taraf signifikansi 5%; b) Variabel tenaga kerja secara statistik berpengaruh positif terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah pada taraf signifikansi 5%.

Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu : a) Mengingat investasi berpengaruh positif terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah, maka diperlukan kebijakan dari pemerintah berupa penyederhanaan birokrasi/proses pengurusan izin-izin dan penyisihan laba BUMN yang dapat digunakan untuk pengembangan industri kecil, maupun peran swasta untuk memberikan bantuan tambahan investasi bagi industri kecil, serta peranan lembaga keuangan untuk memberikan kredit bagi industri kecil dengan prosedur yang mudah dan bunga yang ringan. b) Mengingat tenaga kerja berpengaruh positif terhadap output sektor industri kecil di Jawa Tengah, maka diperlukan kebijakan dari pemerintah berupa pengadaan pelatihan-pelatihan atau kursus yang diadakan untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian tenaga kerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis