Penulis Utama : Indah Sulistyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh kebijakan dividen terhadap harga saham pada waktu ex-dividenday
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201065-2005
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ex-dividend day adalah hari hilangnya hak untuk mendapatkan dividen atas saham yang dimiliki oleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar atas kebijakan dividen pada waktu ex-dividend day di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2000-2002.  Penelitian ini merupakan studi peristiwa (event study) yang akan mengamati pergerakan harga saham di pasar modal.

            Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu analisis regresi berganda (uji asumsi klasik, uji kelayakan model, dan uji hipotesis)  dan pengujian terhadap abnormal return. Dalam analisis regresi berganda, variabel penelitian yang digunakan adalah harga saham penutupan pada waktu ex-dividend day sebagai variabel dependen, sedangkan variabel independennya adalah dividen, volume perdagangan, dan leverage keuangan yang diproxikan dengan debt to equity ratio. Untuk menguji adanya reaksi harga dilakukan pengujian abnormal retun  selama periode peristiwa dengan analisis perhitungan berdasarkan konsep model-model keseimbangan yaitu Capital Asset Pricing Model (CAPM). Periode penelitian ini adalah selama 111 hari yang dibagi menjadi periode estimasi selama 100 hari dan periode peristiwa selama 11 hari (lima hari sebelum event, event day, dan lima hari sesudah event).

            Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel secara statistik signifikan. Variabel dividen (LnX1), volume perdagangan (LnX2), dan variabel leverage (LnX3) secara statistik signifikan, karena semua nilai p-value kurang dari 0,050. Sehingga variabel dividen (LnX1) mendukung hipotesis 1, variabel volume perdagangan (LnX2) mendukung hipotesis 2, variabel leverage (LnX3) mendukung hipotesis 3.

Dari hasil perhitungan abnormal return yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa disekitar ex-dividend day terdapat abnormal return yang sebagian besar bernilai negatif, hanya terdapat satu abnormal return yang bernilai positif yaitu pada hari kelima sesudah ex-dividend day pada tahun 2000. Abnormal return yang bernilai negatif tersebut menunjukkan bahwa informasi ex-dividend day dianggap sebagai kabar buruk oleh para pelaku pasar, karena pada waktu ex-dividend day saham-saham sudah tidak mengandung keuntungan yang berupa dividen lagi.

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pasar modal bereaksi negatif terhadap adanya kebijakan dividen pada waktu ex-dividend day. Dan dengan diperolehnya abnormal return yang signifikan di sekitar ex-dividend day menunjukkan bahwa  ex-dividend day mempunyai kandungan informasi, namun BEJ pada periode 2000-2002 belum bisa disebut pasar efisien bentuk setengah kuat secara informasi karena pasar bereaksi lambat yang ditunjukkan dengan adanya abnormal return yang signifikan cukup lama.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis