Penulis Utama : Rahma Azzahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5417058
Tahun : 2022
Judul : PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GIS UNTUK MENINGKTKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPAIAL PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA N 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2020/2021 (MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rahma Azzahra. K5417058. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GIS UNTUK MENINGKTKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPAIAL PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA N 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2020/2021 (MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Januari 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap Multimedia Pembelajaran berbasis GIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial, 2) Membuat desain Multimedia Pembelajaran berbasis GIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial, 3) Mengetahui kelayakan Multimedia Pembelajaran berbasis GIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial, 4) Mengetahui efektivitas Multimedia Pembelajaran berbasis GIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Pelajaran Geografi Kelas X IPS Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA N 2 Karanganyar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Four-D), dengan empat tahap pengembangan yaitu tahap definisi (define), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (dissemination). Parameter penilaian dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir spasial peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan pre-test dan post-test  yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi ? = 0,05, dengan melakukan uji pra-syarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. 

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Kebutuhan media pembelajaran peserta didik diperoleh dari hasil analisis kebutuhan dengan indikator pengetahuan dan keterampilan peserta didik, pengalaman pembelajaran peserta didik, dan kebutuhan media pembelajaran peserta didik, 2) Desain produk multimedia pembelajaran berbasis GIS dibentuk menjadi empat bagian diantaranya bagian halaman utama, bagian modul, bagian materi, dan bagian games edukasi yang dikembangkan dengan menggunakan kisi-kisi isi media pembelajaran yang terdiri dari pengetahuan konsep ruang, alat representasi, dan proses kognitif, 3) Multimedia pembelajaran berbasis GIS dinyatakan layak digunakan dengan hasil baik yang diperoleh dari penilaian validitas ahli materi dan ahli media serta uji coba terhadap kelompok kecil dan kelompok lapangan, 4) Multimedia pembelajaran berbasis GIS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik dengan hasil perbandingan post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu hasil Sig. (2-tailed) = 0,00 < 0 xss=removed> Ttabel (2,035).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Gentur Adi Tjahjono, S.Si. M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP