Penulis Utama : Zaidan Agil Rifai
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5617102
Tahun : 2022
Judul : PERBEDAAN BIOMEKANIKA SHOOTING MENGGUNAKAN INSIDE DAN INSTEP KICK PADA PEMAIN SEPAKBOLA
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Zaidan Agil Rifa’i K5617102 PERBEDAAN BIOMEKANIKA SHOOTING MENGGUNAKAN INSIDE DAN INSTEP KICK PADA PEMAIN SEPAKBOLASkripsi, Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan biomekanika shooting menggunakan inside dan instep kick pada pemain sepakbola. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian observasional analitik. Penelitian menggunakan jenis observasional analitik cross sectional study. Sampel penelitian berjumlah 12 pemain. Data dikumpulkan dengan circular hoops shooting test dengan sasaran kiri bawah, kanan bawah, kiri atas, dan kanan atas. Delapan tendangan dilakukan terdiri dari empat inside kick dan empat instep kick. Ketepatan bola yang masuk pada sasaran kemudian dianalisis. Analisis gerakan direkam menggunakan kamera yang diletakan di sisi kanan bola dan tegak lurus, sisi belakang pemain, dan sisi depan dekat dengan area sasaran. Analisis gerakan kemudian dianalisis menggunakan software kinovea. Independent t-test membandingkan ketepatan jenis shooting pada sasaran dan membandingkan variabel biomekanika shooting menggunakan inside dan instep kick.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan ketepatan yang signifikan pada shooting sepakbola menggunakan inside dan instepkick (p < 0>inside kick sebesar 13.542?n instep kick sebesar 4.167%; (2) ada perbedaan yang signifikan pada sudut fleksi lutut kaki tendangan backswing, sudut ekstensi lutut kaki tendangan frontswing, jarak kaki tumpuan dengan bola, sudut kemiringan kaki tumpuan, dan sudut kemiringan bahu (p < 0>frontswing, kecepatan anguler frontswing, percepatan anguler frontswing, kecepatan bola, sudut kemiringan kaki tendangan, sudut kemiringan panggul, momentum bola, gaya sentuh, impuls, power, usaha, sudut panggul follow through, kecepatan anguler follow through, perlambatan anguler follow through, energi kinetik bola bergerak, ketinggian bola, energi potensial bola bergerak, dan energi mekanik bola bergerak (p > 0.05).

 Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan biomekanika shooting menggunakan inside dan instep kick pemain sepakbola dalam hal ketepatan. Inside kick menghasilkan ketepatan yang lebih baik daripada instep kick; (2) ditinjau dari analisis biomekanika shooting sepakbola dalam hal ketepatan, inside kick dilakukan dengan sudut lutut backswing yang lebih kecil, sudut lutut frontswing yang lebih besar, sudut kemiringan bahu yang lebih besar, penempatan kaki tumpuan dengan bola berjarak lebih jauh, dan sudut kemiringan kaki tumpuan yang lebih besar daripada instep kick

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Bab 1_Skripsi Zaidan.pdf
Bab 2_Skripsi Zaidan.pdf
Bab 3_Sksipsi Zaidan.pdf
Bab 4_Skripsi Zaidan.pdf
Bab 5_Skripsi Zaidan.pdf
Bab Daftar Pustaka_Skrispi Zaidan.pdf
LAMPIRAN.pdf
Cover dan daftar isi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta,M.Pd.
2. Rumi Iqbal Doewese,.S.Pd,.M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan