Penulis Utama : Yofi Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Hubungan antara motivasi dan komunikasi dengan prestasi kerja karyawan PT. Delta Merlin Dunia Textile Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202081-2005
Subyek : MANAJEMEN KEPEGAWAIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi, komunikasi dengan prestasi kerja dan indikator­indikatornya pada karyawan PT. Delta Merlin Dunia Textile Karanganyar. (2) Diantara motivasi, komunikasi manakah yang mempunyai hubungan lebih kuat dengan prestasi kerja dan indikator-indikatornya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi, komunikasi dengan prestasi kerja. (2) Untuk mengetahui diantara motivasi, komunikasi mana yang mempunyai hubungan lebih kuat dengan prestasi kerja dan indikator-indikatornya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian in adalah (1) Diduga ada hubungan signifikan antara motivasi, komunikasi dengan prestasi kerja dan indikator-indikatornya. (2) Diduga komunikasi adalah faktor yang lebih kuat hubungannya dengan prestasi kerja dan indikator-indikatornya.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 45 orang. Pengukuran tanggapan karyawan dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan. Kemudian dilakukan analisis deskriptif sebagai gambaran tanggapan konsumen dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji chi-square untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Motivasi, komunikasi terhadap prestasi kerja, sedang koefisien kontingensi untuk mengetahui hubungan yang paling dominan diantara motivasi dan komunikasi.

Hasil analisis deskiptif terhadap konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan berusia 35-42 tahun, yaitu sebanyak 20 orang (44,44%), berpendidikan Akademi, Perguruan Tinggi 20 orang (44,44%), Bekerja pada bagian produksi. Hasil analisis deskriptif dari penelitian in adalah bahwa sebagian besar karyawan memiliki motivasi sedang 20 orang (60%), komunikasi yang cukup baik sebanyak 25 orang (53,33%), Prestasi yang baik sebanyak 25 orang (53,33%). Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, instrumen penelitian yang digunakan dinyatakan Valid dan Reliabel. Dari hasil analisis chi-square diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel motivasi dan komunikasi dengan prestasi kerja. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi, komunikasi dengan prestasi kerja terbukti, Dari hasil koefisien kontingensi diketahui bahwa hubungan yang paling dominan adalah antara variabel komunikasi dengan variabel prestasi kerja yang ditunjukkan dengan nilai koefisien kontingensi dan taraf signifikansi yang lebih besar dibandingkan dengan variabel motivasi Sehingga hipotesis yang   menyatakan variabel komunikasi adalah faktor yang lebih kuat hubugannya dengan

prestasi kerja dan indikator-indikatomya karyawan pada PT. Delta Merlin Dunia Textile Karanganyar terbukti kebenarannya.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan beberapa saran kepada pihak pimpinan dan manajemen perusahaan, yaitu untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan dengan memberikan upah lembur yang layak, gaji yang sesuai dengan Upah yang berlaku didaerah tersebut, penghargaan atas prestasi yang dicapai. Sedangkan untuk meningkatkan dan memperbaiki hubungan komunikasi antara pimpinan dan karyawan diperlukan peninjauan langsung oleh pimpinan terhadap permasalahan-permasalahan apa yang terjadi pada karyawan, memecahkan permasalahan tersebut secara musyawarah, dan pengertian yang tercipta oleh karyawan terhadap perusahaan tentang kewajiban-­kewajiban apa yang harus dilaksanakan oleh karyawan dan timbal balik apa yang selayaknya diterima oleh karyawan oleh perusahaan atas jerih payah yang telah diberikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Cholil, M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis