Penulis Utama : Hanif Imadudin
NIM / NIP : K7116071
×

ABSTRAK

Hanif Imadudin. PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC READING BASED-PROJECT (SRBP) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TENTANG GAYA PADA KELAS IV SDN WIRONATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2022.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model Scientific Reading Based-Project (SRBP), (2) meningkatkan pemahaman konsep dengan  model Scientific Reading Based-Project (SRBP), (3) meningkatkan komunikasi dengan model Scientific Reading Based-Project (SRBP).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Wironatan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model SRBP dalam meningkatkan komunikasi dan  pemahaman konsep IPA tentang gaya kelas IV SDN Wironatan tahun pelajaran 2019/2020 yang tepat adalah sebagai berikut: (a) orientation, (b) scientific reading, (c) design and create, (d) progress of project, (e) analysis, (f) discussion and communication. (2) penerapan model SRBP dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang gaya kelas IV SDN Wironatan tahun pelajaran 2019/2020 terbukti dengan hasil postes pada siklus I sebesar 65,5% dan siklus II sebesar 85%. (3) penerapan model SRBP dapat meningkatkan komunikasi IPA tentang gaya kelas IV SDN Wironatan tahun pelajaran 2019/2020 terbukti dengan hasil rata-rata kemampuan komunikasi siswa juga meningkat mulai dari siklus I sebesar 73.78% dan siklus II sebesar 85.31% .

 Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Scientific Reading Based-Project (SRBP) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SDN Wironatan tahun ajaran 2019/2020.

×
Penulis Utama : Hanif Imadudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116071
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Model Scientific Reading Based-Project (SRBP) untuk Meningkatkan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Ipa tentang Gaya Pada Kelas IV SD N Wironatan Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata Kunci: Scientific Reading Based-Project (SRBP), IPA, pemahaman konsep, komunikasi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti S., M.Si.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd.
2. Drs. M. Chamdani, S.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.