Penulis Utama : Iwan Budi Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh perubahan struktur modal terhadap perubahan nilai perusahaan (kajian empiris perusahaan manufaktur go public di Indonesia 1992-2002)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200064-2005
Subyek : MODAL, PEMBENTUKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perubahan struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta periode 1992-2002. Sehubungan dengan tujuan tersebut, maka digunakan hipotesis bahwa perubahan struktur modal berpengaruh terhadap perubahan nilai perusahaan.

Untuk menguji hipotesis tersebut, penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear, dengan sample penelitian sejumlah 179. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang dibatasi dengan adanya spesifikasi sampel yang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan dan kriteria yang telah ditentukan berdasarkan pada tujuan penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah perubahan nilai perusahaan sebagai variabel dependen sedangkan perubahan struktur modal sebagai variabel independen. Pengujian data menggunakan uji normalitas dan asumsi klasik. Pengujian model hipotesis menggunakan analisis regresi linear.

Dari hasil analisis data diperoleh beberapa temuan yaitu; (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara perubahan struktur modal terhadap perubahan nilai perusahaan, (2) perubahan struktur modal berpengaruh negatif terhadap perubahan nilai perusahaan dengan koefisien regresi sebesar 0,243, (3) nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh perubahan struktur modal sebesar 12,8%.

Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa perubahan struktur modal secara signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Perubahan struktur modal berpengaruh negatif terhadap perubahan nilai perusahaan. Berdasarkan temuan – temuan tersebut maka dianjurkan saran – saran; (1) karena perubahan struktur modal  merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi nilai perusahaan, maka pihak manajer dan investor harus mempertimbangkan faktor tersebut sebelum mengambil keputusan investasi dan pendanaan, (2) dalam mengambil keputusan pendanaan dan investasi para manajer sebaiknya mencermati struktur modal perusahaan agar diperoleh struktur modal yang optimal, (3) karena rata-rata perusahaan menggunakan struktur modal diatas optimal, risiko yang diperoleh dengan penambahan hutang lebih besar daripada tingkat pengembalian yang diterima, maka manajer perusahaan hendaknya menurunkan debt   ratio dengan tidak menambah hutang, (4) Bagi para investor, dalam mengambil keputusan investasi sebaiknya mencermati struktur hutang perusahaan yang ada serta yang akan dilakukan, karena jika struktur modal perusahaan berada diatas optimal maka ada kecenderungan bahwa dengan meningkatnya total hutang akan menurunkan nilai perusahaan, dan (5) Untuk penelitian selanjutnya perlu adanya penelusuran lebih lanjut mengenai instrumen hutang yang dimiliki oleh perusahaan sehinga akan didapatkan variable penelitian yang lebih komperhensif, teutama nilai pasar dari hutang yang dimiliki oleh perusahaan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis