Penulis Utama : Armaya Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh faktor-faktor keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan terhadap keputusan adopsi (studi kasus pada mahasiswa Univesitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200025-2005
Subyek : ADOPSI PRODUK BARU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan berpengaruh terhadap keputusan adopsi baik secara individual maupun secara bersama-sama dan untuk mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi.

Berdasarkan tujuan di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yaitu apakah faktor-faktor keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan secara individu maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan adopsi, dan faktor- manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi. Hipotesis yang diajukan dari perumusan masalah tersebut adalah bahwa terdapat pengaruh faktor-faktor atribut produk, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan baik secara individu maupun secara bersama-sama terhadap keputusan adopsi, dan faktor memori iklan memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan adopsi.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Ovale. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah Convenience sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2).

Dari hasil analisis data untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penelitian yang berupa kuesioner dinyatakan valid karena tiap butir pertanyaan memiliki r hitung lebih besar dari r tabel dan dinyatakan reliabel karena semua variabel memiliki nilai alpha yang lebih besar dari 0,6. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = -3,026 + 0,316X1 + 0,228X2+ 0,438X3 + 0,329X4. Karena semua koefisien regresi bernilai positif maka mempunyai arti bahwa setiap perubahan variabel independen akan diikuti dan diimbangi oleh perubahan variabel dependen secara searah dan linear. Dari hasil uji t diperoleh hasil bahwa besarnya t-hitung untuk variabel keunggulan produk baru sebesar 3,101, variabel kegunaan produk sebesar 2,375, variabel nilai pelanggan sebesar 3,684, dan variabel memori iklan sebesar 2,741 lebih besar dari t-tabel (1,96) maka diputuskan bahwa H0 dan H1 diterima pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan secara individu berpengaruh terhadap keputusan adopsi konsumen Ovale. Dari uji F diperoleh hasil bahwa besarnya F hitung (26,311) lebih besar dari F tabel (2,46) maka diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1diterima pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan adopsi konsumen Ovale. Dari hasil uji t di atas diperoleh hasil bahwa nilai pelanggan memiliki nilai t-hitung paling besar diantara faktor lainnya yaitu sebesar 3,684. Hal ini berarti bahwa nilai pelanggan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi konsumen Ovale. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil Adjusted R Square sebesar 0,506 berarti bahwa 50,6 % variasi perubahan keinginan konsumen untuk melakukan keputusan adopsi dijelaskan oleh variasi perubahan variabel-variabel keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan. Sementara sisanya sebesar 49,4 % diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat diberikan beberapa saran yaitu Grup Kino selaku produsen perlu meningkatkan faktor-faktor keunggulan produk baru, kegunaan produk, nilai pelanggan, dan memori iklan untuk meningkatkan keputusan adopsi konsumen Ovale. Cara meningkatkan dilakukan sebagai berikut: produk Ovale menambah fungsinya selain sebagai pembersih wajah juga sebagai pelembab wajah, mengubah bentuk menjadi kemasan yang lebih mini, kualitas yang ditingkatkan dapat disertai kenaikan harga yang sesuai, untuk iklan diubah dengan memakai selebritis yang sedang naik daun serta menambah frekuensi penayangan di televisi dan mensponsori acara-acara yang berhubungan dengan dunia remaja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis