Penulis Utama : Diky Saputro
NIM / NIP : B0117017
×

ABSTRAK

Diky Saputro. B0117017. 2022. Permasalahan Sosial dalam Novel “Panggonjak” karya Oyos (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini mengkaji permasalahan sosial dalam novel Panggonjak karya Joso ‘Oyos’ Harilaksono dan relevansinya dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan sosial dalam novel Panggonjak karya Joso ‘Oyos’ Harilaksono dan menjelaskan relevansinya terhadap kehidupan nyata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural dan sosiologi sastra. Pendekatan struktural digunakan untuk menganalisis tema, fakta cerita dan sarana sastra. Pendekatan sosiologi sastra digunakan untuk mendeskripsikan permasalahan sosial dan relevansinya dengan kehidupan nyata. Masalah sosial yang dikaji antara lain kemiskinan, delinkuensi anak, konflik sosial, disorganisasi keluarga, pelanggaran terhadap norma sosial dan kejahatan sosial.

Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode penelitian sastra. Bentuk penilitian pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer novel Panggonjak karya Joso ‘Oyos’ Harilaksono. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis struktur dan teknik kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik analisis struktural dan menggunakan pendekatan sosiologi sastra.

Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesimpulan beberapa hal (1) tema yang digunakan novel ini adalah permasalahan sosial yang juga kerap terjadi dalam kehidupan bersosial. Alur yang digunakan adalah alur campuran dengan adanya keterkaitan antara kejadian satu dengan kejadian lain. Latar tempat berlangsungnya kejadian secara umum adalah kota Tulungagung. Latar waktu berlangsungnya cerita cenderung abstrak dan dijelaskan secara berganti-ganti, begitupun dengan latar situasi. Penggambaran watak dan karakter setiap tokohnya cukup detail walaupun keterkaitan antara tokoh satu dengan tokoh lainnya cukup sulit ditelaah. Fakta cerita dan sarana sastra yang terdapat dalam novel semakin menambah keseruan jalannya cerita (2) Permasalahan sosial yang ditemukan dalam novel ini juga merupakan permasalahan sosial yang kerap terjadi dalam kehidupan nyata sehari-hari seperti kemiskinan, delinkuensi anak, konflik sosial, disorganisasi keluarga, pelanggaran terhadap norma sosial, dan kejahatan sosial. (3) Permasalahan sosial yang ditemukan memiliki relevansi dalam kehidupan nyata sehari-hari dimana banyak masalah-masalah sosial yang terdapat dalam novel juga memiliki kemiripan dalam hal permasalahan, penyebab dan dampak yang ditimbulkan oleh hal tersebut.

×
Penulis Utama : Diky Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0117017
Tahun : 2022
Judul : Permasalahan Sosial dalam Novel Panggonjak Karya Oyos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Struktural, sosiologi, permasalahan sosial, relevansi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo , S.S., M.Hum.
2. Dr. Supana, M.Hum.
3. Dr. Suyatno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.