Penulis Utama : Tri Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh informasi laporan keuangan terhadap pendapatan dividen tunai (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201110-2005
Subyek : LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Return o n Investment (ROI), Return o n Equity (ROE), Current Ratio (CR), Debt to Total assets (DTA), Debt to Equity Ratio (DER), dan Earning per Share (EPS) terhadap dividen tunai (cash dividend) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel ROI, ROE, CR, DTA, DER, dan EPS terhadap dividen tunai (cash dividend) pada perusahaan manufaktur, baik secara parsial mupun secara bersama-sama.

Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan populasi perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ periode 1999-2003. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu pemilihan sampel atas dasar kriteria yang sesuai dengan penelitian, dan diperoleh 10 perusahaan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F yang menguji pengaruh ROI, ROE, CR, DTA, DER, dan EPS terhadap dividen tunai baik secara parsial maupun bersama –sama dengan tingkat signifikansi 5%.

Dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian normalitas data dan pengujian terhadap gejala multikolinearitas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa variabel ROI, ROE, DTA, dan DER tidak lolos dalam uji multikolinearitas, sehingga dua variabel ROI dan DTA harus dikeluarkan dari model regresi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel EPS yang berpengaruh secara signifikan terhadap dividen tunai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi t yang kurang dari 0.05, yaitu sebesar 0.000. Sementara itu variabel ROE, CR, dan DER tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap dividen tunai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi t yang lebih besar dari 0.05 dengan nilai probabilitas untuk variabel ROE sebesar 0.174, untuk variabel CR sebesar 0.363, dan untuk variabel DER sebesar 0.619. Sedangkan secara bersama-sama, variabel ROE, CR, DER, dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap dividen tunai dengan nilai signifikansi F sebesar 0.000. Dengan nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0.815 yang berarti bahwa 81.5% variabel dividen tunai dapat dijelaskan oleh variabel ROE, CR, DER, dan EPS.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa secara bersama-sama ROE, CR, DER, dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap dividen tunai. Secara parsial hanya variabel EPS yang berpengaruh secara signfikan terhadap dividen tunai, sedangkan variabel ROE, CR, DER, dan EPS tidak berpengaruh secara signifikan. Sebagai saran untuk pelaku pasar modal hendaknya melakukan pertimbangan secara menyeluruh baik secara teknikal maupun fundamental sebelum melakukan investasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis