Penulis Utama : Janur Ayudewi A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Reaksi pasar modal Indonesia terhadap pengumuman kabinet Indonesia bersatu tanggal 20 Oktober 2004 (studi kasus pada perusahaan LQ-45)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201010-2005
Subyek : KABINET PEMERINTAH-ASPEK PASAR MODAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat event study. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu yang ditunjukkan dengan adanya perubahan harga saham dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata abnormal return saham dan aktivitas volume perdagangan sebelum dan setelah peristiwa.

Dalam kasus ini yang menjadi titik perhatian adalah peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu Tanggal 20 Oktober 2004. Reaksi pasar dilihat melalui dua indikator, yaitu abnormal return dan aktivitas volume perdagangan. Hipotesis yang diajukan 1). Pasar modal Indonesia bereaksi terhadap pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu yang ditunjukkan dengan perubahan harga saham. 2). Rata-rata abnormal return berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu. 3). Rata-rata aktivitas volume perdagangan berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu.

Pengumpulan sampel dilakukan dengan metode purposive random sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan), sehingga diperoleh sampel sebanyak 31 perusahaan yang masuk dalam kategori LQ-45.

Pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat abnormal return saham yang signifikan, reaksi positif terjadi pada hari ke sepuluh dan ke sembilan sebelum pengumuman serta hari keempat setelah pengumuman dengan nilai t hitung sebesar 2,745728; 2,615395 dan 2,429138 yang lebih besar dari t-tabel sebesar 1,96, sementara reaksi negatif terjadi pada hari ke sembilan setelah pengumuman dengan nilai t hitung sebesar -2,13423 yang lebih kecil dari t-tabel sebesar -1,96 sehingga dapat dikatakan pasar bereaksi terhadap pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return saham sebelum dan setelah peristiwa pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu dengan nilai t hitung sebesar 1,745 yang lebih kecil dari t-tabel sebesar 2,2622, meskipun demikian terjadi fluktuasi yang positif dan negatif yang mengiringi peristiwa tersebut. Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata aktivitas volume perdagangan sebelum dan setelah peristiwa pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu dengan nilai t hitung sebesar 1,674 yang lebih kecil dari t-tabel sebesar 2,2622, meskipun demikian terjadi penurunan aktivitas volume perdagangan pada periode setelah peristiwa.

Dengan hasil hipotesis diatas dapat dikatakan bahwa pasar modal Indonesia semakin sensitif terhadap berbagai informasi yang relevan, termasuk informasi yang berasal dari luar ekonomi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis